Kamis, 04 Oktober 2012

say NO to DEBT and OWE

Percaya ato engga,yang namanya ngutang itu gampang banget, dan bayar utang itu susah banget!

Rasanya gampang banget deh kayaknya bilang "ehm, gw pinjem duit dong. bla bla bla <alesan kenapa bisa minjem duit>". plus pasang muka melas. abis itu, seneng banget kalo dapet utangan dan manyun kalo proposal utangannya di reject.

Kalo soal mbayar nya nih,, rasanya beratt banget. suka ga rela kalo ngasih sejumlah uang (buat bayar utang) ke orang. ga ikhlas. rasanya kok ya hasil jerih payah bekerja, dikasih orang. biasanya kalo dah gitu, artinya yang bersangkutan lupa kalo dy ada hutang sama yang bersangkutan juga. -saling sangkut menyangkut kaya baju di jemuran

Disini gw bukan maksud mo menyinggung pihak yang suka berhutang dan sengaja lupa bayar utang yang berseliweran dimana2. gw mosting ini cuma sebagai cerminan diri gw aja kok.

Gw termasuk orang yang ga suka buat ngasih sejumlah uang buat orang lain tanpa ada barterannya. misal gw beli sesuatu ato gw dapet jasa apa gitu. untuk menghindari keterusan dari sifat jelek gw ini, gw memutuskan ga mau berhutang. -sok banget gw! belagu!. susah emang, gw ga bisa menghindari dari berhutang. palingan langkah kongkrit yang bisa gw ambil saat ini adalah keep away from CC or Credit Card.

Gw heran sama temen2 gw yang sampe berucap syukur waktu aplikasi kartu kreditnya di terima. -yaolo... segitunya kalek. CC bukan dewa. betapa bangga nya temen2 gw waktu ngedapetin kartu kredit dan masukin ke dompetnya. -padahal limit nya cuma 5 juta.

Oke, sebut gw katrok deh ya... tapi gw tetep berprinsip, kalo ga ada uang buat beli barang yang dipengen, kenapa harus maksa? ntr nya bayar uang yang di 'pinjem' berikut bunga nya. *inget yah, gw paling pelit bayar bunga ato uang2 yang tujuannya ga jelas . mending ngasi tips. tips kan dibayar kalo kita puas sama pelayanan/jasa seseorang. sifatnya sukarela. kalo kita ga puas sama pelayanannya, ga usah kasih tips. sedangkan bayar bunga itu wajib. suka ato engga. different case yah sama beli barang yang sifatnya emang harus ngutang dan bayar dengan sistem cicilan plus bunganya. kayak beli rumah ato mobil. kaya geeella kalo beli rumah dan mobil (baru) cash. #prok prok

#tarik nafas dulu.

Sekarang gw c masih berutang. sama BTN, nyicil rumah gw dan koperasi kantor gw. hasil keganasan perut gw yang tiba2 suka ngemil ini dan itu, sedangkan gw ga mungkin bawa dompet kemana2 kan? utang dari sekali dateng 5 rebu, sampe ke angka 50 rebu. *garuk pala. tapi gw bertekad kok bayar utang koperasi gw. beneran deh. -swear!

Gw paling sebel pas orang bilang "pake duit lo dulu deh". then, dy lupa bayar. (ato sengaja lupa kali ya)

Gw pernah denger, temen gw bilang

• "karena hutang di dunia, bisa menderita di akhirat"
• "karena hutang, bisa ga jadi masuk surga lhoo.."
• "sesama muslim, harus saling mengingatkan, kan kasian kalo saudara seiman kita ga jadi masuk surga karena hutang"

Gw jadi tau kenapa setiap ada orang yang meninggal, keluarga yang masih hidup bilang, apakah yang meninggal ini ada sangkutan hutang atau janji? kalo ada, tolong sebutkan, dan biasanya bakal diselesein sama keluarga yang bersangkutan itu yang masih hidup. segitu dasyatnya yah arti hutang. dan akibat yang dihasilkan karena 'lupa' bayar hutang.

Gw pernah nolong temen kerja gw, sebut aja namanya wiwin (nama ga sebenernya) buat nagih hutang ke jujul (nama bukan sebenernya juga). jadi dulu si wiwin ini di mintain tolong buat minjemin uang sama jujul ini karena anak si jujul sakit. dasar wiwin orangnya emang baek, dikasih lah. janjinya jujul bakal balikin seminggu lagi. lama lama lama di tunggu, ga bayar juga si jujul. dan si wiwin nya ngerasa ga enak buat nagih, karena selaen temen kerja, dy juga serem sama penampakan si jujul ini. gw yang baik hati dan gemar menolong, coba bantu si wiwin ini. dengan berpura2 jadi wiwin, gw minta deh hutang ke si jujul. awalnya si jujul 'pura2' lupa. begitu gw tunjukin kronologis utangnya yang terjadi setahun lalu, beserta sms2 si jujul dulu, baru si jujul ini 'sadar' dan bayar hutangnya.
Begitu dapet uangnya kembali, si wiwin seneng banget. dan gw cuma pesen ke si wiwin, jangan lupa kasih adek dan ibu nya. itung2 selametan lah, baru sisanya dipake buat daftar kuliah sesuai planning si wiwin. uangnya yang dipinjem si jujul kan lumayan gede. si wiwin sih setuju. -walopun akhir cerita gw denger uangnya abis buat beli komik2 manga. jejepangan gituh. biar aja deh, yang janji kan si wiwin. yang batalin janjinya juga si wiwin. yang dosa si wiwin lagi.
Cuma gw jadi rasa males pas si wiwin ini cerita, ada lagi temen kerja, namanya lisa (bukan nama sebenernya) yang ngutang sama si wiwin ini. kronologisnya si wiwin ini rencananya mau ke resepsi pernikahan ibu Sophie (nama sebenernya) sama si lisa. sayang ternyata si lisa ini ga bisa ikutan dateng dan bilang ke si wiwin buat ngasih angpau buat ibu sophie ini atas nama si lisa, uangnya minjem dulu uang si wiwin. si wiwin emang dasar polos ato rada o*n, iya aja. dan masukin sejumlah uang ke amplop dan kasih nama si lisa di amplopnya. seperti udah ditebak, besoknya si lisa ini lupa. -ato sengaja lupa yah?#garukpala
Sebenernya si lisa ini emang terkenal pelit dan suka 'lupa' bayar utang sama temen2 kerja nya. si wiwin ngasih ampau dalam jumlah besar atas nama si lisa. sedangkan kita semua tau, si lisa ga mungkin rela ngasih angpao nikah sebesar itu. paling banyak juga dy kasih 15rebu. hehehehe.

Karena gw udah males si wiwin ini pernah ingkar janji sama gw soal penggunaan uang nya tempo hari, gw bantuin si wiwin ini dengan setengah hati.
Awalnya gw sindir si lisa soal hutang. ga mempan. sampe akhirnya terang2an nagih, dy ga ngaku pernah nyuruh si wiwin ngasih angpao buat ibu Sophie tempo hari. *duh, padahal bu Sophie nya uda punya anak sekarang. hutangnya masih aja belom di bayar. ckckckck

Akhirnya, mau ga mau, gw uda ngingetin si lisa perihal hutangnya, si lisa 'ga' inget. ya sudah. udah 3x gw remind si lisa kok. uda abis juga kewajiban gw mengingatkan si lisa. si wiwin merelakan uangnya dengan pemikiran, ga mau menghancurkan hubungan pertemanan gara2 uang. next time, si wiwin ini ga bakal mau kalo di utangin si lisa ini.

Sebenernya si lisa ini ada sangkutan hutang juga sama gw. kejadiannya pas traktiran ulang tahun si wiwin, kita ber4 foto2 dan uang foto plus cetaknya pake uang gw. yang laen bilang bakal bayar, dan emang bayar. sampe detik ini, si lisa lupa sama hutangnya. #padahal poto kita ber4 dipajang di mejanya. diliat si lisa setiap hari. setiap gw tagih, bilangnya tar-sok tar-sok. yah... gw c cukup tau lah. *gw nya juga ga enak nagih mulu. lagian ga seberapa ini kok. gw relain aja. cuma penilaian kita2 yang tau soal hutang piutang ini, jadi berkurang ke si lisa ini. respect kita berkurang drastis. dan kita jadi agak pasang kuda2 kalo si lisa ini berniat ngutang lagi. #almost terjadi pas ada acara makan2 tempo hari, si lisa hampir pinjem duit gw. gw bilang aja duit gw pas banget. jahat? emang. tapi tindakan preventif. ga salah kan?

Sekarang gw c sante2 aja kalo ada yang ngutang sama gw. kalo gw ada uangnya dan orang yang ngutang punya nice record di mata gw, gw kasih dan gw ga segan buat nagih. walopun, sebenernya gw ngerasa ga enak banget.

Prinsip gw, kalo orang susah bayar hutang, next time gw ga bakal ngutangin orang itu lagi. *beuh berasa koperasi simpan pinjam ga sih gw...


Nah, kasus yang sama menimpa laki gw. pada tau kan kalo oom itu super baek dari postingan gw di sini dan di sana? temen oom nih, suka minjem sama oom dengan alesan keluarga. awalnya gw mikir, pasti ga bakal dibayar, walopun pas minjem pake janji selangit buat bayarnya. (gw jadi inget ada peristiwa dulu, ada bulek nya oom yang minjem uang sama oom pas gw ma oom lagi prepare buat merit. fyi. gw ma oom merit bener2 pake duit berdua loo.. tanpa bantuan dari orang tua kita berdua. bener! nah, buleknya ini pinjem sejumlah besar uang dan janji bakal balikin 1 minggu lagi. gw c uda mikir kalo uang dipinjem keluarga tuh ga bakal balik. kita anggep aja sumbangan. ibadah. cuma karena pinjem nya pas banget momennya sama gw dan oom butuh uang banyak sampe se receh2an pun kita kumpulin demi menciptakan pernikahan yang terjadi seumur idup 1x itu, kok ya, pinjeman itu rasanya berharga banget. ga salah dong gw ma oom berharap bulek nya oom bakal balikin duitnya sesuai waktu yang di tentukan. sampe waktu nya tiba, boro2 si bulek bilang apa gitu buat rencana bayar. ngomong maaf ga bisa bayar juga engga. -sigh- sakit ati pisan. gw nge tep in si bulek ini haram hukumnya buat minjem duit ke gw dan oom lagi. beda yah kalo gw ma oom mo ngasih bulek nya oom ini. kan sifatnya sumbangan. sukarela) oiya, balik lagi ke temen2 oom. gw bilang temen2, karena ga cuma 1 yang doyan minjem uang sama oom. banyak! ga cewe ga cowo. ada yang bayar, tapi setengah nya (bener loh, sampe sekarang ga ada tuh yang bayar sesuai dengan jumlah yang dipinjem awalnya sama oom.) ada yang pura2 lupa. ga ada omongan nya ga bisa bayar or some what. ga da unggah-ungguh nya kalo orang jawa bilang. ada yang 'kata' oom udah ditagih sama oom, trus bilangnya ga ada ga ada terus. #ya iyalah ga bakal ada kalo buat bayar utang. gw aja ga pernah ada uang buat bayar utang kalo ga diniatin bayar utang. anehnya temen oom yang ngutang ini hidupnya glamor. pake bb lho.. *oom ma gw aja ga pake bb. hidupnya konsumtif. *lucu rasanya liat temen oom yang ngutang ini beli barang2 bermerk di depan mata gw dan oom. sedangkan gw dan oom selaku pemberi hutang ga tertarik beli barang2 itu.

Gw sering sebel sama sifat oom yang terlalu baek sama orang. ga bisa ngeliat orang begging2 sama oom. oom rela menderita ga jajan ato beli apa gitu yang oom pengen ato bahkan mau ke bengkel ga jadi (karena uangnya dipinjemin ke temennya) asal temennya bahagia. duh! *tepokjidat



gw nge post ini tanpa ada tujuan menghina ato mengdiskreditkan pihak tertentu. gw cuma curhat aja kok. lagian ini kan blog gw.

bagaikan oom yang 'diperas' sama orang2 yang memperalat 'kebaikan' oom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^