Selasa, 30 Oktober 2012

Tragedi tongseng berubah jadi rawon

Masih dalam rangka merayakan Iedul Adha, masih wajar kalo sejauh mata memandang, banyak daging kambing, domba ato sapi dimana2. Karena ibu suri (baca: mertua) gw qurban sapi tahun ini, gw dapet 'hibah' daging sapi dari ibu suri gw. Ternyata pas gw liat, isi nya cuma tetelan dan gajih doang. Alhamdulillah sesuatu banget deh pokonya. Karena gw sebagai newly wife yang masi belajar dalam hal apapun, termasuk soal masak, gw coba masak daging tetelan dan gajih ini menjadi sebentuk masakan yang bisa di makan sama 2 manusia imut nan lucu. Yaitu gw dan oom. -bangga-

Gw sebenernya samsek (sama sekali) gw bisa masak, apalagi pekerjaan rumah tangga macem nyuci, setrika and so on and so on. Waktu lajang, gw masuk dapur, nyokap gw uda marah2 nyuru gw keluar dapur. Ngerepotin katanya. Cuci setrika, nyokap gw juga yang ambil alih. hehehehe... Hidup nyokap gw! MERDEKA!

Semenjak gw nikah, belajar lah gw buat nyuci baju orang lain <baju suami gw> disamping nyuci baju gw sendiri, setrika, dan masak tentunya. Gw yang suka coba ini itu, eksperimen segala macem, mulai belajar masak pake cara gw. Setiap gw diajarin ibu suri (mertua gw), ga pernah masuk ke otak gw. Nyokap gw ga pernah ngajarin gw masak. Sampe sekarang nyokap gw juga ga tau kalo gw, anak perempuannya yang paling kece ini uda pinter masak.

Nah, balik lagi ke tetelan plus gajih dari ibu suri gw, gw mo bikin tongseng. Makanan kesukaan gw dan oom. Gw cek kulkas, kosong. Gw cuma nemu bawang merah, putih sama cabe rawit merah. Nemu kunyit dikit, bumbu2 dapur, uleg semua. Uda halus, tumis yang uda di uleg sama minyak dikit dan pake penggorengan Arzberg baru gw, *tunggu tunggu kenapa jadi tutorial masak memasak nih blog guee??.... trus kasi aer mateng, tunggu mendidih dan kasi 1 bungkus santan kara, masukin potongan tetelan plus gajih dan galupa naro sendok stainless di dalam rebusan masakan gw. Soal sendok stainless yang ikut di rebus, ini resep dari nenek gw, biar daging cepet empuk. Karena gw adalah istri yang hemat <baca : pelit> gw ga mau ngabis2in gas. Beda waktu masak sop jando di rumah ibu suri. Gw masak 3 jam. hahahahahaha. Gw pernah test drive soal sendok ini, gw coba di ungkepan ayam. Hasilnya, rebusan cuma bentar, tapi daging ayamnya ngelotok kaya abis di presto. Its a magic. Sebenernya logikanya adalah, sendok adalah penghantar panas yang baik. Kalo nuang kopi, susu, teh ke dalam gelas kaca pake aer mendidih, kadang gelasnya suka retak trus pecah kan? Kalo gw pasti gw kasi sendok di gelasnya biar gelasnya ga pecah. and so on and so on

Back to topik, gw masak, gw fikir bakal jadi tongseng ke dibawah ini nih
ga ada kol, jadi tongseng yang ga jadi
Dan berakhir jadi kek dibawah ini

rawon gw
Yah, this is it. Rawon ala Sonna Quin. Pas makan, seperti biasa ngobrol2 sama oom. Pembahasan malem itu adalah soal masterchef. Ga sangka, ternyata tongseng gagal a.k.a rawon gw disuka sama oom.. Padahal itu masakan tongseng eh rawon pertama gw. Modal nekat plus eksperimen. Oom malah curiga kalo sebenernya gw emang uda jago masak dari sebelum nikah. hahahahahaha.... Ujung2nya oom bilang, gw ikutan masterchef aja karena bisa aja masak tanpa pengalaman apa2, sama kek peserta masterchef yang laen. Katanya dateng dari segala profesi yang bukan chef. Oom ga pernah percaya acara masterchef.

Berikut obrolan gw, istri lucu (IL) ma oom, suami bawel (SB):

IL : -seperti biasa, gw kalo mo makan, liat ekpresi muka laki gw dulu. kalo enak, gw bisa makan dengan enak juga. kalo gw enak, gw manyun- hahahaha

SB : -makan- "enak non" -lanjut makan-

IL : "Alhamdulillah"

SB : "saya curiga, selama ini kamu bohong sama saya"

IL : -nahlo???- "boong paan c oom?"

SB : "boong kalo sebenernya kamu itu emang jago masak sebelum nikah sama saya. kalo ga bisa masak, ga mungkin masakannya enak terus? sama kaya di masterchef. pasti mereka emang pada jago masak awalnya"

IL : -ketawa manis- "aku emang ga bisa masak oom. buktinya waktu umi <nyokap gw> dan aba <bokap gw> kesini trus mereka makan, mereka tanya kan, itu masakan siapa? apa beli? pas dibilang masakan aku, mereka ga percaya. emang aku ga bisa masak awalnya"

SB : "tapi kok kalo baru belajar masak, uda enak gini? ga kalah sama yang dijual di warteg2" -duh! ktauan deh, gw ma oom suka kongkow2 di warteg

IL : "kalo masih ga percaya, tanya pacar aku dulu sana. apa aku dulu masakin buat dy? padahal pacarannya lebi lama dari kamu" -mule manyun. siap2 mo ribut-

SB : -takut ada pertumpahan kuah rawon- "ya udah kalo gitu, saya percaya"

IL : "aku bisa masak, nyuci, setrika dan segala pekerjaan rumah tangga itu, semua belajar setelah aku menikah sama kamu. semua demi kamu. bentuk ketaatan istri kepada suami" -ngomongnya kaya baca deklarasi sumpah pemuda-

SB : "iya, iya, makasih ya sayang, demi aku, kamu rela belajar banyak. kamu emang istri yang sempurna. kekurangannya cuma 1 sih"

IL : "apa tuh kekurangannya oom?"

SB : "kamu itu cantik, rajin, pinter masak, penurut cuma satu kurangnya"

IL : "iyaa apaaa??" -gaya merajuk-

SB : "BOROS" -jleb-


Oh, karena tongseng berubah jadi rawon, suami ku mengungkit lagi soal itu...... huaaaaaaaaaaaaaaaaaa.....#nangis diatas bantal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^