Jumat, 12 Oktober 2012

yang BUSUK, jangan DIJUAL

Ngebut mostinggg.. besok libur...

Di perumahan gw, ada pasar swadaya gitu. Dalem perumahan. Pasar dalam skala kecil lah. Ada berbagai toko disitu. Jual ini itu. Mulai dari jajanan pasar sampe jajanan elit. Mulai makanan kecil (apa bedanya sama jajanan?) sampe makanan besar. Mulai buah2an sampe sayuran. Mulai pakaian luar sampe pakaian dalem. Semua tumplek blek disitu.
Yang sering gw datengin adalah resto padang -karena gw suka masakan padang dan dulu gw blom available buat masak-masak. blom ada dapurnya bok!-, toko beras, dan terakhir, toko sayuran.

Toko sayuran yang sering gw datengin ini kepunyaan orang padang. Biasanya yang jual sayuran kalo bukan Jawa, ya Sunda. Aga aneh awalnya. Karena di fikiran gw, kalo beli sayur kan biasanya nawar dunk, kalo yang jual aja orang padang.. (ehm, denger2 orang padang kan terkenal pelit. maap... ga maksud nyinggung suku tertentu. hihihihi) mana bisa gw nawar? Dan emang, beli sayuran disitu ga bisa nawar. Padahal uda ngerayu uni dan uda penjualnya. Sampe 500 perak pun, ga bisa di diskon. tetep aja diitung. Awalnya gw c cihuy2 aja belanja disitu. Ga bisa nawar, no problemo. Gw belanja dalam skala kecil juga kok. Dan letak toko sayurannya ga jauh dari rumah gw. Gw merasa tentram dan tenang2 aja hidup berdampingan dengan kegiatan belanja gw di toko sayur itu.

Semua ketenangan dan ketentraman hidup gw terusik sampe suatu ketika, gw belanja di toko sayur itu sepulang gw kerja. -fyi, gw emang selalu belanja sepulang gw kerja, buat makan malem gw ma oom, trus masak buat sarapan dan bekal lunch oom besoknya. kecuali hari libur, gw belanja pagi2-. Nah, hari itu oom minta dimasakin jamur. Gw uda beli di hypermart lippo sebenernya buat jamur ini. Rada mahal, tapi terjamin. Gw mampir ke toko sayuran deket rumah gw buat beli pelengkap masakan jamur ini. Pas gw sampe di toko sayurannya, gw liat jamur di toko sayuran ini. 2 bungkus. Tanpa tedeng aling2, gw beli semua jamur disitu. nambah2 biar masakannya banyak. Fikir gw waktu itu.

Sampe rumah, semua bahan belanjaan gw masukin ke sammy. Gw masak sekadarnya buat dinner malem itu. Jamur yang gw beli di hypermart lippo. Karena jumlahnya sedikit dalam kemasan, gw duluin masaknya. Paginya, gw masak lagi buat sarapan dan bekal lunch oom. Masih ada sisa jamur di kulkas. Jamur yang gw beli di toko sayuran deket rumah gw itu. Pas gw keluarin jamurnya, ya ampunnnn... bau menyengat. dan pas gw pegang jamurnya, gw keluarin dari dalem plastik, jamurnya berlendir. iyyeekkkk gw langsung buang tuh jamur.

Sebelumnya, gw emang uda rada males belanja di toko sayuran itu. Karena gw suka pedes, gw masak pedes2 mulu, gw harus stok cabe dong. Nah, gw suka stok cabe rawit merah ato lebih familiar dengan nama cabe jablai. Gw suka beli cabe rawit merah itu 2 ribu ato 3 ribu suka2 gw, dan uni/uda penjualnya ngambil cabe rawit di tampah gede trus nimbang, mbungkus trus kasih ke gw. Gw bayar. Klise, tapi emang itu yang terjadi. Cumaaaa, yang gw ga sreg, diantara cabe2 yang dijual itu, ada cabe2 busuk, ato ga layak jual tercampur disitu dan tetep aja dijual. Kalo dulu, belom ada sammy, gw naro cabe dilemari makan, 2 hari berselang, cabe yang gw taro, belatungan. Hiy! Cabe yang masih segar bercampur dengan cabe busuk jadi ikutan busuk dan belatungan. Yang ada, gw buang semuanya. Gw masih nahan2, tetep belanja disitu. Sampe ada sammy di ruma gw. Ada tempat buat naro bahan makanan dalam skala besar.

Gw belanja ke pasar Cikarang lama. Buat belanja dalam skala besar, buat isi perut sammy. Layaknya pasar pada umumnya, besar, becek, rame dan kumuh. Gw ke situ pulang kerja, dan gw belanja seperlunya. Biasanya gw beli ayam (wajib), ikan/udang/cumi/apa gitu lauk2an, sayur kaya kangkung, bayam, wortel de el el. Termasuk cabe. Karena di pasar kali ya, penjual banyak yang sejenis. Gw beli cabe dan tentunya gw liatin cabenya. -yaeyalah, masa gw liatin abangnya. ntr kalo naksir, gimana?. Gw liat, cabe nya ada yang busuk juga, wajar, menurut gw diantara stok jualan cabe segitu banyak, pasti ada yang busuk. Tapi.......... si penjual membuang cabe yang busuk itu sebelum masuk ke timbangan dan akhirnya menyerahkan ke pembeli. Yakni gw. TOP! Keren! Itu baru namanya penjual yang bersih dan menyenangkan pembeli. Ga kaya uni dan uda penjual sayur di deket rumah gw tuh. Uda tau busuk, masih aja dijual. Semenjak itu, gw jadi seneng belanja di pasar daripada di toko sayuran uni dan uda. Lebih aman. Murah juga ternyata.


Gw mikir, dulu di toko sayuran uni dan uda udah murah. Ternyata jauuhh lebih murah di pasar. *ehm, maklum aja nih, gw kan ibu rumah tangga baru. euforia kegirangan dapet barang murah. Bayangin aja nih, kangkung di pasar 1 iket 2 ribu, itu terdiri dar 8 iketan kecil. Kalo di uni/uda, 1 iket kecil (banget) dihargain 500 perak. Keknya 1 iketan kecil di pasar, dibagi 2 sama uni/uda. Hitungan matematika nya:
  • Di pasar : 1 iket kangkung isi 8 iket kecil = 2000 perak, artinya 1 iket kecil sama dengan 250 perak
  • Di uni/uda : 1 iket kecil (banget) kangkung = 500. uni uda dapet untung 2x lipatnya! Belum kalo bener perkiraan gw. 1 iket kecil dari pasar, dibagi 2 sama uni/uda. berarti harga pasar, 1 iket kecil (banget) kangkung sama dengan 125 perak. Dan uni/uda jual seharga 500 perak. Hitung sendiri berapa untungnya?
Gw langsung muter otak, apa gw jualan sayuran aja yah?? Belanja di pasar, trus gw jualin di gang rumah gw. Bisa kaya gw. Ya kan? Ya dong?
Pokoknya gw janji deh, kalo gw jadi penjual, gw mo jadi penjual yang bersih. ga bakal jual yang busuk2 kaya uni/uda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^