Rabu, 10 Oktober 2012

BATUK


Di ruangan gw kerja, ada yang batuk berkepanjangan. Gw jelasin dulu deh, ruangan gw kerja itu, ruangan terbuka. yang lazim dipakai pada perusahaan jepang. semua level karyawan, baik atasan sampai bawahan akan ditempatkan pada satu ruangan besar. ga bersekat, hanya posisi meja yang menandakan jabatan. misal untuk level staf biasa, posisi meja akan berbentuk paralel. karena jumlahnya banyak tentunya. level supervisor sampai manager, posisi meja nya akan berbentuk seri. kecuali presiden director. spesial dapet 1 ruangan khusus. sama kaya security, dapet ruangan khusus. yaitu pos satpam. hehehehehehe.. *maaf pak PD, saya jangan dipecat yah.. :P

Nah, ruangan gw ada di lantai pertama, berbarengan sama ibu manager yang batuk2 mulai sebelum puasa, sampai hari ini. sebut aja namanya ibu manikam (nama bukan sebenarnya). pertama ibu manikam ini batuk, kita semua cuek aja, karena kita fikir, batuk biasa, berobat, kemudian pulih. sama seperti lainnya. tapi, karena kita ditempatkan pada 1 ruangan besar bersama2. dimana sirkulasi udara berputar di dalam satu ruangan itu. plus dengan adanya beberapa AC, otomatis virus dari batuk akan cepat menyebar.

Gw, yang punya sejarah sakit paru - paru basah, dan Alhamdulillah udah sembuh setelah therapy selama 1.5 tahun, aga sedikit parno kalo ada orang yang batuk ato flu deket2 gw. gw takut ketularan dan gw takut penyakit 'lama' gw kembali lagi. gw uda kapok sama ritual minum obat yang gede2 bin banyak itu selama 1.5 tahun setiap hari. terlebih gw lagi ttc juga. penyakit itu otomatis berpengaruh sama usaha gw dan oom mendapatkan keturunan. masa gw harus ke dokter buat therapy paru2 lagi? bukannya ke dokter buat ttc?

Akhirnya gw ketularan batuk juga di minggu kesekian ibu manikam masih batuk. gw uda was was. kalo sampe 2 minggu batuk gw ga ilang, gw kudu rontgen. gw parno banget. Alhamdulillah, batuk gw ilang dalam jangka waktu 1 minggu. *sembah sujud ya ALLAH

Gw fikir, gw bakal ketularan cuma sekali, ternyata engga. gw dengan rasa emphaty yang sangat besar, merasakan lagi batuk untuk kesekian kali nya.
Karena gw marketing disini, otomatis soal entertainment customer, gw yang arrange. waktu gw arrange salah satu customer buat entertainment, dalam hal ini buka puasa bersama, ibu manikam ini ikut hadir. gw stay away aja dari ibu manikam buat jaga2. bukan gw sok ga mau temenan sama ibu manikam yang batuk ga berenti2, tapi gw cuma lebih aware ke badan gw. ke kesehatan gw. gw ga mau berbagi makanan dan minuman sama ibu manikam ini. kalo ibu manikam minta makanan ato minuman gw, gw pasti merelakan semuanya untuk ibu manikam. karena yang gw tau, virus bisa menular lewat liur jika bertukar makanan atau minuman. sayang beribu sayang, karena gw sebagai seksi 'sangat' repot di acara itu dan ga bisa stay tune liatin makanan ato minuman gw sepanjang acara, gw kelolosan. jeruk panas gw di minta ibu manikam dan sayangnya lagi, gw tau begitu gw menghabiskan isi gelas itu. dengan santainya ibu manikam bilang "sorry son, tadi aku minta minuman kamu". gw cuma bisa melongo, miris dalem hati. mo marah, ga enak, wong manager gitu looo.. *ehya, manager juga bisa celamitan lhoo.. hihihi

Bisa ditebak, pulang buka bersama itu, tenggorokan serasa terbakar. dan besoknya gw kena batuk tanpa tedeng aling-aling. gw ga tau apa cuma sugesti gw doang ato emang dasyat banget virus batuknya ibu manikam ini. *nangis darah

Gw ke klinik kantor setelah sempet cuti sakit 2 hari. #ibu manikamnya tetep masuk kerja dengan berbatuk-batuk ria.  -herann gw, batuk2 gitu tetep kerja kok ya bisaaa ..
Gw sekalian tanya sama orang kliniknya, apa bu manikam pernah ke klinik buat periksa, dan apa sebenarnya penyakitnya ibu manikam ini. orang klinik gw bilang batuk yang di derita ibu manikam ini adalah batuk partusis. ato yang biasa dikenal dengan batuk seratus hari. percuma diobatin. batuknya ga bakal hilang setelah 100 hari. gw sempet mikir, ini nama penyakit baru. partusis. batuk 100 hari sama kaya tahlilan orang meninggal 100 hari. *guling guling di lante. besok2 ada kali yah, batuk 7 hari, batuk 1000 hari. :P
Duh, gw ngerasa berdosaaa banget sama ibu manikam uda nuduh dy nyebar virus batuk sama gw. -salaman dulu sama bu manikam

Tunggu punya tunggu, sampai lebih dari 100 hari, ibu manikam belum udahan sama batuk nya. masih seiring sejalan bercanda mesra sama uhuk-uhuk nya. untungnya ada yang bertanya sama ibu manikam, selevel manager juga. #kalo gw yang nanya, ga berani gw

Begini kronologis pertanyaannya antara ibu manikam uhuk uhuk (imuu) dengan ibu manager GA uhuk uhuk (imGuu)

imuu : -ga ngomong apa2. cuma uhuk uhuk aja ga berenti2-

imGuu : "jeng jeng, uda ke dokter belum? itu batuknya lhoo" -ngomongnya sok care, perhatian gitu. kek nya takut bu manikam tersinggung

imuu : "udah jeng, tapi belum hilang nih batukku"

imGuu : "coba rontgen aja jeng, dokternya nyuruh ga? -nada suaranya rendah, semakin takut ibu manikam tersinggung.- *untung yang nanya, selevel jabatannya sama ibu manikam, kalo gw yang level jabatanny dibawahnya ibu manikam, nanya gitu, bisa di kasih SP3 langsung -glek-

imuu : "disuruh sih jeng, tapi kok ya aku sangsi. masa sih aku separah itu" (intro dari gw. tentunya dalem ati doang "hellooooow buk, uda 3 bulan lebih looo ibuk batuk ga berenti2, masih dibilang ga parah??" *jedot2in pala ke tembok)

imGuu : "yah, dicoba aja jeng, siapa tau lhoo" (lope lope deh sama ibu manager satu ini. menyuarakan isi hati gw. isi hati semua orang yang mulai worry sama batuknya si ibu manikam)

imuu : "ah, ga usahlah jeng, kalo rontgen kan buat yang TBC. aku yakin aku ga separah itu. uda sembuh kok awalnya. cuma kemaren sempet minum es aja jadi batuk lagi"

~ruangan hening. ibu manager GA uhuk uhuk sepertinya ga ada cara lagi untuk melanjutkan pembicaraan. ato lebih tepatnya kehilangan cara buat menyadarkan si ibu manager uhuk uhuk alias ibu manikam ini~

Tiba2 gw ngerasa, kalo besok gw kerja 1 ruangan sama ibu manikam, gw harus pake baju astronot. pake pelindung tubuh dan bawa tabung oksigen sendiri.

Sampe sekarang, hampir 5 bulan, ibu manikam masih setia sama batuk2nya. sekarang, setiap ibu manikam batuk, uda ga ada pandangan menghina kasian lagi ke ibu manikam ini. sekarang uda ga ada yang tanya perkembangan ibu manikam ini dalam menanggulangi banjir batuknya.

Yang gw tau, batuk berkepanjangan itu bisa jadi flek pada paru2, ciri2 aids (nahlo?), pertanda payah jantung sampe pertanda kanker. dan masih banyak lagi yang oom gugel bilang.


Sekarang, setiap hari, doa gw, gw tambahin. semoga gw ga ketularan batuknya ibu manikam dan semoga penyakit gw yang dulu itu ga bakal pernah dateng lagi ke gw karena tertular ato emang daya tahan tubuh gw lagi rendah jadi kena virus lagi. amin




Dari gw yang galau, harus makan mie ayam, ato mie pangsit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^