Senin, 10 September 2012

P.S

Kali ini mo ngomong 'sedikit' serius.

hari ini dimulai sama situasi yang ga bagus.

mulai dari hari sabtu, c oom pulang jam setengah 3 pagi gara2 maen bul-tang sama bapak2 komplek, alhasil gw jadi kurang tidur.

c oom uda tau kalo istri nya ini ga bisa tidur kalo ga dikelonin, teteup aja maksa pulang pagi.

gw nya melek sepagian.

minggu, rencana mo jogging trus maen bul-tang beduaan, ga jadi karena bangun telat.

setrika yang jadi agenda mingguan juga ga jadi. apalagi janji jalan2 romantis sama oom. ga jadi!

harus ke RS. nengokin sepupu oom yang abis koma. (dipaksa ibu suru dateng. padahal orangnya juga uda sadar. kan bisa minggu depan nengoknya)

rencana pulang jam 4 sore, ada arisan perdana ebo2 di komplek, ga jadi juga. pulang malem banget. masak, trus sahur dah di jam 12 malem itu.

kesel banget ini hati. ugh! gondok! capek juga.

senin, lupa bawa seragam! lengkap lah sudah. huhuhu

trus masi lanjut, sms kirim greeting bday ke temen, eh salah bulan. hihihi.

oia, di hari yang aneh ini gw juga dapet kabar, kalo istrinya solmed <ituuuu ustad yang suka pamer ituuuu. hush!>, menjalani pengangkatan ovarium/indung telur sebelah kiri. next, kalo belom hamil di waktu yang ditentukan, 6 bulan kalo ga salah, overium kanan juga diangkat. yang artinya mereka ga bakal bisa punya anak secara alami. ngangkat anak, bisa.

kepikirannnnnnnnnnnnnn.... buru2 deh browse beritanya c april jasmine ini.. trus browse penyebab pembengkakan ovarium.

ngerasain sakit hati dan fisiknya c april ini. <*ketok2 meja. amit2 semoga gw ga sampe kena penyakit ini. just for woman emphaty aja gw ngerasa melow dan galaunya april>
solmed kan anak tunggal. pasti deh, orangtua nya solmed pengen cucu dari darah dagingnya sendiri. lha kalo april ga bisa punya anak? apa mungkin jadi poligami nih c solmed? huaaaaaaaaaaaaa.... takuttttt...

~maaf, tidak menyertakan gambar yang bersangkutan, karena gw sebagai pemilik blog ini secara individu aga kurang suka sama c ustad pamer ini.. hehehehehehe... yaa,, walopun kasian juga liat dia nangis gitu~

cari demi cari, ini yang gw dapet soal kanker leher rahim dan ternyata harus di lakukan Pap Smear untuk deteksi dini adanya kanker ini yang sering di julukin sillent killing buat para perempuan

Check it out!

Kanker Leher Rahim
Kanker Leher Rahim adalah jenis kanker yang paling banyak ditemukan pada wanita di Indonesia (diantara jenis kanker lainnya), dan banyak menyebabkan kematian karena terlambat ditemukan dan diobati.

Gejala Kanker Leher Rahim
Kanker Leher Rahim pada stadium dini sering tidak menunjukkan gejala atau tanda-tanda yang khas. Boleh jadi tidak ada gejala sama sekali atau dapat juga keluar keputihan, sampai pendarahan sesudah senggama.
Kanker Leher Rahim yang telah lanjut sering memberikan gejala :
1. Pendarahan sesudah senggama
2. Keluar keputihan atau cairan encer pada vagina
3. Pendarahan sesudah mati haid (monopause)
4. Pada tahap lanjut dapat keluar cairan kekuning-kuningan berbau dan dapat bercampur dengan nanah.

Faktor Risiko
Sampai saat ini penyebab pasti Kanker Leher Rahim belum diketahui. Namun ada berbagai faktor risiko untuk terkena Kanker Leher Rahim, yaitu :
1. Mulai melakukan hubungan seks pada usia muda, sering berganti-ganti pasangan.
2. Sering menderita infeksi di daerah kelamin.
3. Melahirkan banyak anak
4. Kebiasaan merokok. (Wanita perokok mempunyai risiko 2x lebih besar untuk menderita Kanker Leher Rahim).

Pemeriksaan PAP Smear
Kanker Leher Rahim dimulai dari tahap pra-kanker (sebelum kanker). Tahap pra-kanker dapat disembuhkan dengan sempurna. Oleh karena itu penting untuk mendeteksi pra-kanker dengan pemeriksaan PAP Smear. Pemeriksaan ini tidak sakit, cepat dan biaya terjangkau.
Kapan melakukan pemeriksaan PAP Smear ?
Pemeriksaan PAP Smear dilakukan sekali setahun bagi wanita yang sudah menikah atau yang sudah melakukan hubungan seksual. Pemeriksaan PAP Smear dapat dilakukan kapan saja, kecuali pada masa haid atau atas petunjuk dokter. Lakukan pemeriksaan PAP Smear sesegera mungkin. Jangan menunggu sampai timbul gejala. Karena bila sudah timbul gejala, mungkin tingkat penyakit sudah lanjut.

Cara melakukan pemeriksaan PAP Smear
Pemeriksaan PAP Smear dilakukan di atas kursi pemeriksa kandungan oleh dokter atau bidan yang sudah dilatih, dengan menggunakan alat untuk membantu membuka liang senggama. Ujung leher diusap dengan SPATULA untuk mengambil cairan yang mengandung sel-sel dinding leher rahim. Usapan ini kemudian diperiksa jenis sel-selnya di bawah mikroskop.

Tindak lanjut PAP Smear
Apabila hasil pemeriksaan PAP Smear positif, terdapat sel-sel yang tidak normal, maka harus segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan oleh seorang ahli kandungan.

Letak Leher Rahim
Leher Rahim adalah bagian bawah  rahim yang menonjol kedalam liang senggama (vagina). Disinilah sering terjadi kanker.


gw jadi pengen pap smear deh.. tapi takut...

gimana yah??

-mau mengumpulkan nyali dulu deh-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^