Jumat, 28 September 2012

ARDILLA KARYANTI

Hari ini mungkin udah setahun Dilla (panggilan dari ARDILLA KARYANTI) temen dari mantan tetangga rumah gw meninggal. really hurt, bahkan bagi gw yang ga suka di bikin nangis sama hal remeh temeh.

Dilla ini sebenernya temen dari mantan tetangga rumah nyokap gw. ribet yah? gini, dulu waktu gw masih tinggal di rumah nyokap gw, gw ada tetangga, 1 tahun umurnya diatas gw. namanya Silla <nama sebenarnya>. yah, namanya juga ABeGeh, suka centil maen kesana kesini. suatu hari, silla ngajakin gw maen ke rumah dilla. dilla ini 1 sekolah sama silla. berhubung gw ga da temen lagi, cuma sama silla doang, ya udin gw ikut aja maen ke rumah dilla. yah, walopun gw ga kenal dilla dan tujuan silla maen ke rumah dilla cuma mau ketemu abangnya dilla. rumahnya dilla besar, segala macem ada, gw c enjoy aja diajak ke rumah dilla beberapa kali sama silla.

Tahun demi tahun berlalu, gw kuliah di luar kota dan silla pindah rumah. sempet putus kontak. apalagi sama dilla. gw ga kenal deket. we're loss in paradise. sampe akhirnya gw kerja trus ketemu silla by social media, say hello biasa dan segala aktivitas yang biasa pula.

Dilla adding me. awalnya males approve orang yang ga gw kenal banget. annoying aja. tapi, silla minta gw approve dilla, ya sudahlah, nambah 1 temen 'ga' terlalu kenal deket gpp. ternyata dilla lebih sering beraktivitas sama gw dibanding silla. gw jadi deket by social media itu. suka chat by ym juga, curhat2an, smsan, telpn juga. sampe akhirnya gw ngajakin ketemuan. copy darat. bertigaan sama silla. sebenernya ada 1 orang lagi temen silla dan dilla yang minta gw approve. cuma ga tau kenapa, kok ya gw males aja approve orang itu. skip yah soal kenapa gw males nambah temen 'ga' terlalu kenal.

Akhirnya kita ketemuan di salah satu resto all-u-can-eat di bekasi. ngobrol2, ternyata kita bertiga punya planning buat merit ditahun yang sama.

Lama lama berselang, gw denger kabar, dilla nikah dari silla. nikahnya 'katanya' ga dirame2in, makanya gw ma silla ga diundang. berhubung gw sibuk ngurusin persiapan nikah gw, gw loss contact sama dilla dan silla. sampe suatu hari, gw dapet kabar dari silla, kalo dilla sakit leukemia std 3. gw kaget. kok bisa. yang gw lihat waktu gw ketemuan bertiga, dilla terlihat sangat sehat, modis, cantik dan centil. ga terlihat sedikitpun kalo dilla sakit.

Gw telp dan smsin dilla, *karena dilla uda resign dari tempat dy kerja dan gw ga bisa chat by social media lagi sama dilla. Gw ajak oom buat ke rumah dilla.

Begitu sampai rumah dilla, ya Allah, ruma dilla yang gw tau dulu besar, serba ada, kini berada di daerah yang hmmm mungkin gw ganti kata 'sangat sederhana' ya, rumah kecil di dalam gang dengan pembagian ruang di dalam rumah yang udah kecil itu untuk beberapa keluarga. keluarga dilla menempati petak terdepan, disusul dengan 2 keluarga di 2 petak dibelakang 'ruang' dilla. di ruangan itu dilla ga tinggal sendiri. ada orangtua, suami dan adek bungsu nya dilla. 1 ruangan itu berfungsi buat tidur, dapur dan ruang tamu itu. 1 ruangan itu. kamar mandi di luar ruangan, dan cuma 1. 1 kamar mandi untuk 3 keluarga yang 1 keluarganya aja anggotanya minimal 5 orang. #saat itu gw langsung bersyukur atas kondisi gw yang selama ini gw fikir selalu kurang, ternyata gw jauh lebih beruntung dari dilla. Alhamdulillah ya Allah.
-gw ga ada maksud merendahkan disini. gw mencoba mendeskripsikan kondisi dilla saat itu-

Gw liat dilla, gw tercekat, gw fikir dilla bakal menyambut gw di depan pintu laksana nyonya rumah kedatangan tamu. kali ini engga. dilla cuma bisa berbaring di kasur di lantai kamarnya menunggu gw. ya, nunggu gw. awalnya gw yang sangat cuek ini ngotot nunggu dilla di depan rumah nya dilla sambil teriak2 panggil nama dilla selayaknya anak SD manggil temen sepermainannya. toh, gw fikir, selama gw telp dan sms dilla, gw ga pernah nganggep dilla sakit kok. gw selalu bercanda dan ngeledek dilla dengan sebutan dil-takodil-kodil. gw nunggu lama di depan pintu. sama oom. dilla ga keluar2. gw nyerah, akhirnya gw masuk kamar dilla dan pemandangan yang gw liat saat itu, seperti bukan dilla. gw pangling (bukan liat penganten aja gw bisa pangling). dilla kuruss banget, sampe tulang dibawah kulitnya terlihat, *dilla bilang, beratnya 23 kilo dari 50 kilo berat sebelum sakit. matanya hitam, bukan karena efek smokey eyes, bibirnya pucet, kulitnya menghitam dan banyak lebam biru di sekujur wajah dan tubuhnya. *fikiran dan hati gw melayang di saat terakhir kali gw ketemu dilla. seorang gadis cantik yang imut, modis, wangi, lucu, lincah dan cantik dengan make up dan fesyen terkini.

"Ahh.. dilla, kenapa bisa begini sih?"

Dilla cerita, seminggu setelah pernikahannya, dilla jatuh pingsan di tempat kerjanya. dilla fikir, dilla kelelahan karena abis ngurusin resepsi plus unduh mantu nya. tapi sakit dilla ga hilang2. dilla fikir, apa dy hamil. dilla ke dokter buat memastikan dugaan itu. tetapi ternyata dokter malah kasih tau diagnosa yang berbeda dari yang dilla duga. dilla ga hamil dan dilla harus test darah. keluarga dilla sempet berfikir kalo dilla itu sakit thypus. dan hasil test darah berkata, dilla sakit leukemia std 3.

Dilla harus kemoterapi. tapi dilla lebih memilih herbal.

duuhhh.. hati ini rasanya berantakan denger cerita dilla dan juga liat kondisi dilla yang berubah 180 derajat dari terakhir kali ketemu dilla.

Gw coba bikin dilla ketawa, ngelupain penyakitnya walo sejenak. walopun sebenernya saat itu gw mungkin lebih milih nangis liat kondisi dilla. gw tahan tangis gw akhirnya gw ga kuat dan gw lari ke kamar mandi buat numpahin tangis gw disitu. gw bawa foto2 gw, silla dan dilla yang masih sehat dan berharap kita bertiga bisa foto kaya gitu lagi dengan anak2 kita kelak. gw pengen dilla sembuh. demi apapun, gw pengen dilla kembali sehat kaya terakhir kali gw ketemu dilla. dilla bilang, suami nya adalah laki2 yang hebat. yang setia bantu dilla dalam hal apapun. seminggu menikah, sang suami mampu menunjukkan sikap heroiknya bagi sang istri. Totally. sampe kadang suaminya dilla bolos kerja demi ngurus dilla. kasbon kemana2 buat biayain berobatnya dilla. Ya rabb...

Gw pandangin oom, hati gw bertanya, apa oom bisa bersikap kaya suaminya dilla? disaat umur pernikahan baru 1 minggu, sang istri sakit parah. belum juga menikmati manis nya pernikahan.
Berbulan-bulan dilla menjalani sakitnya. kadang dengan ketegaran hati, kadang dengan rasa pasrah dan down. gw cuma bisa nyemangatin dilla lewat sms. dan akhirnya lewat telp karena dilla uda ga bisa lagi liat layar hp dan ngetik huruf2 demi merangkai sebuah kata. dilla semakin lemah.

Suatu hari, dilla cerita, kalo dy merasa baikan dan merasa bakal sembuh. gw bilang sama dilla, kalo sembuh, gw minta beliin lisptik sama dilla. *hihihi.. waktu ketemuan sama silla dan dilla dulu, dilla masih sehat, dilla bilang, gw harus dandan biar cantik selayaknya perempuan. dilla lisptikin gw. trus kita foto2 deh bertiga.

Ga lama dari dilla bilang begitu, suatu pagi hp gw penuh dengan panggilan tak terjawab dari satu nomor yang ga gw kenal. gw cuekin dong. toh gw ga kenal nomornya dan kalo butuh, nomor tsb bakal telp gw lagi. -tsaah
Bener, no itu telp gw. gw angkat, dan ternyata yang bicara adalah Toto suaminya dilla, ngabarin, kalo dilla uda meninggal dan bakal dimakamin sore itu juga. karena gw kerja, gw bilang, insALLAH pulang kerja, gw kesitu. gw kabarin silla dan berharap silla ga shock. karena dilla ini sahabatnya silla. kondisi silla yang lagi hamil ga memungkinkan silla buat ngelayat ke rumah dilla. gw janjian sama suaminya silla yang adalah sahabat gw waktu SMA buat ketemuan dan ke rumah dilla sore itu sepulang kerja. tapi gw lupa, posisi kantor gw di cikarang, kantor Imam suaminya silla di bogor, dan rumah dilla di jakarta. gw pulang jam 5 sore, perjalanan ke bekasi buat ketemuan sama imam 1.5 jam. sedangkan dilla dimakamin jam 6 sore. gw ga bisa kejar waktu. dengan sangat terpaksa gw bilang sama toto, kalo gw dan silla ga bisa dateng di pemakaman dilla. ga bisa ngeliat dilla buat terakhir kali.

Ya Allah, gw ga kenal dilla awalnya, lalu deket karena suka chatting di ym dan fb, ketemuan sekali, tapi rasa kehilangan yang gw rasa kok sangat dalem. sakit rasanya.

Sampe sekarang, baik gw maupun silla tetep ga sempet buat sekedar dateng ke makam dilla. disamping, rumah keluarganya dilla yang udah pindah lagi, no hp dilla yang otomatis deactive sama kaya fb nya dilla, juga no hp toto yang lupa gw save. total gw ma silla hilang kontak sama keluarganya dilla.

Sekarang, gw cuma bisa mengenang dilla, mandangin fotonya sambil lirih berdoa buat dilla. "dill, dimanapun lo berada, gw harap lo baek2 aja. Tuhan udah maha baek sempet ngijinin kita ketemuan. sempet ngijinin lo menikah buat nyempurnain setengah agama lo, bahkan Tuhan udah ngirim malaikat super baek dalem bentuk suami lo. lo beruntung dill, dikelilingi oleh orang2 yang sayang banget sama elo. apapun kondisi lo. sampai akhirnya lo kembali ke Pencipta lo, semua orang tetep ada buat lo. ngedukung lo. dill, sampe sekarang gw masih suka inget elo. silla juga. gw sama silla selalu sayang sama elo." adios amigos dil takodil kodil :* semoga lo tenang disana yah ARDILLA KARYANTI.

-sorry, gw ga bisa pasang pic nya dilla disini. karena di foto itu ada foto gw yang belom pake jilbab-


Dilla yang ceria dan energic

2 komentar:

  1. ka pan, br sempet baca... ya amppun... bener2 brebes mili naahh.. hiikksss..
    tisuuuuuuuuuuuuuuuu...........

    BalasHapus
  2. noh ada. serebu satu di abang2 tisu nya

    BalasHapus

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^