Senin, 04 Februari 2013

OUCH!!!

Sabtu malem, gw sama oom ke dokter gigi. Setelah seminggu sebelomnya gw kesono bareng umi, bian dan vinny. Umi scalling, vinny tambal gigi. Bian, cek gigi (karena umurnya baru 4 tahun, jadi ga dilakukan tindakan apa2). Dan gw, gw yang bayar semua tindakan medis ke umi dan Vinny. ☺
Nah, malem minggu ntu, kebetulan ada oom di rumah. Gw mo nyuruh oom scalling (ngebersihin plak di gigi), cuma gw mo nyuruh dia secara eksplisit. Secara oom adalah orang yang sangat anti rumah sakit, dokter, obat dan segala macem yang berhubungan sama seragam putih2 di suatu instansi kesehatan. Gw bilang sama oom, gw mo bedah buku mulut, mo operasi pencabutan geraham bungsu gw. Sebenernya geraham bungsu gw ini 'belom' terlalu menyusahkan gw walopun tumbuhnya miring dan mendesak geraham didepannya.
ini bukan gambar gigi gw, cuma beginilah penggambaran kondisi geraham gw
Cuma, setiap gw scalling, pas scalling di bagian kiri bawah ujung gigi, telinga kiri gw suka berdenging kenceng banget. Dan kalo makan, makanannya suka nyelip disela2 gigi geraham bungsu yang numbuhnya tiduran itu. Dan sering bikin pipi bagian dalem gw luka alias sariawan. Untuk menghindari kenyataan2 pahit (sariawan dan segala macemnya) yang diakibatkan dari miringnya gigi geraham bungsu gw, gw harus melakukan operasi pencabutan gigi. Bedah mulut guna mencabut gigi geraham (yang masih sehat bugar). Kalo pencabutan gigi yang emang udah sakit ato bolong ato rusak ato malah udah busuk, gw ga bakal separno ini. Tapi, gigi gw yang sehat bugar gemah ripah loh jinawi harus menyudahi masa hidupnya di mulut gw dengan jalan operasi, Gw serasa mo ngegugurin kandungan tau ga? Serasa mau menghabisi nyawa seseorang yang tanpa dosa. Emang salah gigi geraham gw apa kalo dia ternyata numbuhnya miring? Emang salah gigi geraham gw kalo gw jadi sering sariawan dan bikin ga nyaman hidup? Emang salah Olga, sehingga Raffi Ahmad kecanduan narkoba? Emang salah siapa dong?? -hayo ngacung yang merasa salah!-
sariawan oh sariawan
Berhubung gw itu takut (bukan anti) sama jarum dan teman2nya yang pasti bakal hadir saat tindakan medis, gw maju mundur mo operasi pencabutan gigi geraham bungsu gw itu. Jujur, gw takut banget saat ujung jarum yang tajem itu mencium ga lembut permukaan kulit gw. Kalo bukan dalam misi kemanusiaan, gw ogah banget deh dicium jarum segede gaban buat donor darah tiap 4 bulan sekali. Gw lebih milih minum obat kalo sakit, daripada gw harus disuntik, enjus enjus enjus..
Yah, pada akhirnya gw ke dokter gigi juga Sabtu malem buat operasi plastik pencabutan gigi geraham bungsu gw. Pas gw sampe sana, dokternya uda gw kenal sebelumnya, menenangkan hati gw. Disamping ada oom juga disamping gw. Gw duduk di kursi panas, dan dilakukan foto (rontgen) gigi gw. Ternyata, gigi geraham gw itu numbuhnya nanggung tapi udah tua juga, karena uda nempel sama gigi di depannya. Dokternya bilang, rasanya ga bakal sakit kecuali pada saat disuntik bius. Karena suntiknya itu ga lurus, tapi bengkok2 gitu pas udah didalem gusi. Gw tegang, udah spaneng, segala penjelasan dokternya cuma numpang lewat di telinga gw. Gw disuntik di gusi tempat numbuhnya gigi di depan geraham bungsu gw itu, abis itu disuntik lagi pipi kiri gw, bibir kiri gw dan lidah gw. Pas mo nyuntik gusi tempat geraham bungsu gw itu akan dieksekusi, dokternya nemuin kendala. Gusinya ga bisa ditembus sama jarum yang biasa dipake dokter nyuntik gw barusan. Dokternya sampe 3x ganti jarum dengan ukuran yang lebih besar dan besar lagi, semua berakhir dengan bengkoknya jarum suntik itu. Sumpah, gw bukan keturunan pesulap yang mampu bengkokin jarum kok. Gw parno. Gw takut ntr disuruh ganti rugi jarum2 yang uda gw bengkokin itu. #eh!
Gusi gw nyut2an, sakit sampe gw keluar aer mata. Berhubung bibir, pipi, lidah gw uda baal, uda mati suri rasa, dokter pun melanjutkan eksekusinya. Artinya gigi geraham gw bakal dicabut tanpa pembiusan di gusi tempat gigi geraham bungsu gw itu tumbuh. HOROR? BANGET! Gw ga bisa dibius didaerah itu karena ternyata, didalem gusi gw itu ternyata adalah tulang, jadi, ketemu deh 'penjahat'nya selama ini kenapa gigi geraham bungsu gw numbuh miring, karena gusi tempat gigi geraham bungsu gw itu tumbuh adalah sebuah tulang. Senyawa yang padat dan keras.
*narik nafas dulu*
Gw tabahkan hati gw, dan juga oom yang langsung pasang muka prihatin atas 'penderitaan' gw yang sebentar lagi gw mulai. Sang algojo, yaitu dokter gigi yang sebenernya gw kenal baik, berubah jadi sangat jahat dimata gw saat itu. Bor, pencongkel gigi, jarum dan sebagainya mampir ke mulut gw. Awalnya ngilu berubah jadi sakit maha dahsyat saat dokternya tarik2nya nyongkel gigi gw. Dan kenyataan pahit harus gw terima lagi. Akar gigi geraham bungsu gw yang berasa didalem gusi, bentuknya macem bunga. Menyebar. Dan, jangan fikir, akar yang gw maksud disini sama dengan akar pohon yang bentuknya berserabut dan rapuh ya?. Bentuk akar gigi adalah gigi itu sendiri yang berada dibawah gusi. Ditambah, gigi geraham bungsu gw nempel banget sama gigi geraham depannya. Jadi, dokter gigi mencongkel dulu, memisahkan gigi geraham bungsu gw dengan geraham didepannya, itu udah sangat menyakitkan. Trus, geraham bungsu gw di bor, dicongkel, ditarik biar kecabut. Darah dimana2, walopun udah disedot sama penyedot liur, tangan gw kena muncratan darah dari gusi gw. Ya, darah gw muncrat sampe kena celemek yang dokter dan gw pake. Itu bisa terjadi karena akar yang gw sebutin tadi. Normalnya, akar gigi adalah berbentuk lurus dan biasanya bentuknya makin kebawah, makin mengecil. Ini gw engga. gw malah makin melebar. Dokternya mengeluarkan segenap tenaga sampe keringetan buat narik gigi gw, walopun gusi gw uda dibelah sana sini, tetep aja, akar yang mau ditarik itu letaknya di dalem gusi yang gw bilang ada tulangnya itu. Gw nyari sesuatu yang bisa gw genggam. Oom ada di belakang gw, disamping kanan gw ada dokter gigi yang super sibuk eksekusi gw, dan di kiri gw suster yang sibuk juga bersihin darah gw. Tangan kursi 'panas' gw ga empuk. Ga bisa gw remes dan genggam. Gw udah pasrah. Gw zikir aja dalem hati. Gw tau, gw ga mungkin mati 'cuma' karena operasi gigi ini. Cuma gw ga kuat TUHAN. Gw sempet mikir, apa ini rasa nya orang ngelahirin. Ngerasain sakit luar biasa dalam keadaan sadar. Saat itu gw berani barter dengan apapun dalam hidup gw. Bahkan gw berani tukeran kondisi sakit gw saat itu dengan setahun bersama boss expat gw yang gelo itu. Apapun! Apapun gw rela demi menghilangkan sakit gw itu. Ga cuma di gigi, di kepala, di hati, semuanya gw rasa sangat sakit. Dan penderitaan gw berlangsung 2 jam dengan 1 jam 55 menit adalah aksi sang algojo, eh dokter menarik2 gigi gw. TUHAN, kapan ini berakhir? Dokter sampe nyuruh gw nangis, karena tau apa rasanya penderitaan gw. Walopun gw uda tutup mata dari awal eksekusi, aer mata gw ngalir diem2. Gw tersedu saat itu. Berharap ada pelukan oom yang mampu menenangkan gw. Tapi nyatanya engga. Posisi gw yang membelakangi oom, mungkin membuat oom ga tau apa yang terjadi sesungguhnya sama gw.
2 jam berlalu dengan penuh kesakitan, akhirnya berakhir juga, giliran penjahitan, lagi2 gusi gw terlampau kuat buat dijahit. Duh, efek pepsodent memang segitunya kali yah sama gigi dan gusi gw. Kuat dan tegar!. Gigi gw ga bolong juga tuh, Padahal kalo mo bobo malem, gw jarang sikat gigi. Suka males. Kalo libur juga gw mandi sekali (artinya sikat gigi juga cuma sekali). Tengah malem, kalo oom pulang kerja, gw suka diajak makan (lagi), bis itu, bobo. Ga pake sikat gigi dulu. Jorok, iya. Tapi lihat gigi gw, kuat dan ga bolong. *gw ga bangga kali ini karena kekuatan gigi dan gusi gw membuat gw mengerang kesakitan selama 2 jam ini*
 
Abis operasi, mulut dan lidah gw masi baal efek bius dan baru hilang setelah 2.5 minggu jam. Giliran oom di scalling, gw lemes dan migrain. Pusing banget. Dokter nyuruh gw makan obat penghilang rasa sakit dan NOT WORK!!! Gw pengen tiduran. Kepala gw sakit. 15 menit berselang, gw ma oom mo pulang, dan dokter nyuruh gw makan dulu. Selanjutnya makan es krim, dan kompres pake es seharian. Dokter bekelin gw obat2an oral dan kumur seabrek2. Bekas jahitan masih dikasi kapas, dan masih berdarah pada saat gw liat. Gw ga mau makan. Ga nafsu, walopun gw laper. Gw beli eskrim, dan eskrim yang gw beli, semahal dan seenak apapun ga ada rasanya pas gw makan. Gw lupa. Gw masi dalam efek bius. Tau gitu, gw beli es lilis yang gopek an aja kali yah. huhuhuhu.
 
Sampe rumah, ambil es batu di freezer, kompres luar dalem mulut, gw ga kuat. Minum aer dingin terus2an, gw bersin. Pada dasarnya gw ga suka minum es2 gitu. Gw sukanya minum aer anget. Membakar kalori. Yang ada, malem minggu, abis operasi, selaen gw nyut2an gusinya, gw juga bersin2 kedinginan. Kasian oom, tadinya mo malming sama bininye yang super kece nan imut ini, jadi mendekam di rumah aja ngurus gw yang pipi kirinya bengkak kek kena tabok bola tenis. Nyeriii..
 
Minggu pagi, pas gw ngeludah, gw masih berdarah. Gw terpaksa minum obat2 dari dokter . Kata oom, semalem gw demam sampe ngigo soal gigi. Gigi geraham gw, gw tinggal di dokter giginya. Gw ga tega buat bawa pulang trus gw kubur. Gw liat jasad gigi geraham bungsu gw sangat imut. Putih kecil bersih gitu setelah dibersihkan darahnya. Tinggal belum diadzanin aja sama oom. #hush!
 
Abis makan obat, gw paksain masak walopun kepala masih migrain dan gusi senut2. Abis masak sayur asem kesukaan oom dan ikan masuk angin (kembung) dikasi sambel ijo, gw coba makan nasi bareng oom. Nemenin makan gitu, seperti biasanya. Mulut kiri gw ga boleh dipake buat ngunyah dulu 3 harian ini. Jadi gw pake gigi geligi kanan gw. Makan gw jadi super lama. Dan kadang suka ada makanan yang bandel nyasar ke daerah 'terlarang' (alias gigi kiri gw) dan menyebabkan gw meringis nyeri. Malemnya gw dolan ke mertua. Niatnya c, oom mo bikin gw seneng, gw ga harus nyetrika pakean seminggu seperti yang biasa gw lakukan tiap hari minggu. Oom libur hari itu. Tapi, nyatanya, oom mendadak harus masuk malem itu dan gw terpaksa ditinggal di ruma umi. Oom takut kalo gw demam dan ngigo lagi, disamping gw ga ada sapa2. Kalo di ruma mertua kan gw tidur sendiri. Kalo di ruma nyokap gw, gw tidur sama nyokap gw. *anakmami.com*
 
Pagi ini, gw ngantor. Gusi gw masi nyut2an dan kepala masi pusing.
Benang sisa jahit masi melambai2 didalem gusi 'mantan' tumbuhnya gigi geraham bungsu gw yang telah diaborsi sabtu lalu.
 
*sekian* -sambil meringis nyeri. tengokin gw dong. gw sakit nih-
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^