Kamis, 14 Februari 2013

COPY PASTE

Meninjau soal subjek diatas, kurang lebih gw bakal bahas (tsahh bahas bok! macem dosen sajalah kau Son!) suatu hal yang hampir sama kek isi postingan gw yang ini.
 
Lets start! Seperti yang kita semua ketahui (hahahaha,,, KITA? elo aja sama bebek sana!), kalo gw lagi jadi job hunter belakangan ini. Dan, Alhamdulilah (yah) minggu2 ini gw lagi kebanjiran panggilan assesment (tahap 1) yang membuat gw harus berulang kali cuti dari kantor gw ini. Untungnya kerjaan lagi ga banyak juga. Jadi bisa cuti dengan hati tenang (kecuali sama si boss jepang aneh itu. Gw cuti, pasti adaaa aja alesannya buat ga seneng sama gw yang ambil hak gw sebagai karyawan yaitu cuti. Minta disomasi sama SPSI kali yah si Jepang?)
 
Soal assesment, soal job hunter, pasti ga jauh dari pengiriman aplikasi lamaran atau curriculum vitae (daftar riwayat hidup) ke beberapa perusahaan. Ngomong2 soal CV, CV gw ini dibilang CV sakti sama temen2 gw. Karena dengan meng copy-paste CV gw, temen2 gw melenggang pindah ke perusahaan lain yang tentunya lebih baik juga. (semoga gw juga yah. amin)
 
CV dan application letter gw ini dibikinin sama mantan pacar gw yang pinter abis *jangan-tanya-soal-mantan-gw-ini-gw-masih-belajar-move-on*.
 
Dulu, di perusahaan gw yang dulu sebelom gw kerja disini, ada temen kerja gw copy-paste cv dan application letter gw, dia cuma ganti nama dan phone number gw jadi namanya dan phone numbernya aja. Address, TTL, sampe sex semua masi punya gw. Padahal temen gw ini MALE dan gw kan FEMALE. Tapi, temen gw ini tetep keterima tuh dan sekarang dia bekerja di perusahaan itu. OIL and GAS company. Dengan salary dan benefit berkali lipat dari perusahaan sebelumnya. Imagine!-lap iler-
 
Lanjut, disini, ada karyawan yayasan (kalo ditempat gw, lulusan SMA yang bekerja disini masuknya ke yayasan/outsourcing gitu deh) mencuri file CV dan application letter gw (gw ga tau gimana caranya dia bisa ambil file gw itu), dan dia, diterima di perusahaan yang lebih baik dari perusahaan ini. Pun salary juga status karyawannya. Jauh lebih baik.
Kenapa gw bisa tau, kalo karyawan yayasan ini 'mencuri' application letter dan CV gw? Jadi, dia ini ketika sudah bekerja di perusahaan barunya, kirim email ke gw, dan bilang banyak makasih atas 'pinjaman tanpa bilang' CV dan application letter gw. Jujur, gw c ga marah, seneng malah bisa bantu orang. Cumaaaa.. semenjak itulah, disini jadi heboh atas ke'sakti'an CV dan application letter gw.
Temen gw yang lain pun minta CV dan application letter gw. Gw kasih dengan riang gembira. Temen gw pun apply kesana kemari pake CV gw itu. Gw ga tau juga c, CV gw itu dipake apa engga. Kan temen gw ngirimnya bukan ke gw. Intinya, temen gw itu diterima di perusahaan yang lebih baik.
 
Tapi sayangnya temen gw itu menolak posisi barunya dikarenakan pola fikirnya yang serba galau. Serba ga jelas. Temen gw ini diminta untuk mencarikan kandidat pengganti yang compatible oleh perusahaan baru itu karena temen gw gagal join. Temen gw mengajukan nama gw, dan gw diharuskan mengirim application letter dan CV gw terlebih dahulu. Bodohnya gw, gw ga tanya ke temen gw, apakah dia bener2 pake CV dan application letter gw buat ke perusahaan ini, atau uda dia modified dulu? Gw maen kirim aja CV dan application ORIGINAL PUNYA GW ke perusahaan baru itu. Setelah gw kirim, temen gw 'mengakui' kalo dia mengirimkan CV dan application letternya persis plek sama kek punya gw. SAMA PERSIS!.
Gw galau, gw gundah, gw grogi, gw kebelet. #eh!
Ke'sakti'an Cv gw bakal hilang kalo gini. Ya kan? gw bakal dibilang copycat sama perusahaan yang baruu aja gw kirimin CV itu. Re send CV dengan format beda? Jelas ga mungkin. Gw bisa di cap plin plan ngirim applikasi lebih dari sekali dengan beda format. Ya kan?
Bisa ditebak endingnya,,, gw dicuekintolak dengan sukses! *tepok jidat*
 
Bodooohhh banget deh gw. hiks! Padahal itu CV dan application punya gw. Punya gw! Tapi pasti perusahaan itu mikir, gw yang copycat. Gw yang jiplak. Gw yang ga kreatif. Gw yang cantik, imut, tapi ga gemar menabung.-lho?-
 
Semenjak kejadian itu, untungnya temen gw itu ga lagi apply2 ke perusahaan manapun. Jadi sekarang gw bisa melenggang meng-apply kemana ja gw suka tanpa gw takut ada copycat yang justru malah menjatuhkan gw lagi. Sekarang,,, gw lagi kebanjiran 'panggilan' assessment nih. Jadi bingung. 1 minggu ini gw ada 4 panggilan interview. Artinya, kali ini gw harus bikin skala prioritas. Ga mungkin gw pilih semua juga kan?
 
-ada ide?-

6 komentar:

  1. Hal yang udah biasa mba sebenernya, aku juga udah tahu tentang hal tsb lama, pas masuk di tim HR

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi ga biasa. kalo 2 orang yang saling kenal mengirimkan CV dan application letter dengan format dan isi yang sama. ya kan?

      Hapus
    2. kalau sampai 2 orang yang dengan format yang sama, itu konyol, tp tenang aja kok, bisa dilihat dari portofolio, karena perusahaan multinasional, bisa lebih fokus sama portofolio ketimbang yang lain

      Hapus
    3. nah itulah 'konyol' nya kita berdua. melamar pada posisi yang sama dengan application yang diajukan sama pula. per kata per kalimat. Its fool but true. hahahha

      Hapus
  2. Balasan
    1. hmmmm,,,, cv ku ntr menyebar di kudus dong...

      aku nya aja belom pernah ke kudus, masa cv ku uda sampe sono?? *mikir*

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^