Senin, 14 Januari 2013

Lagi Insyaf

Gw suka banget ngayal. Mulai dari ngayal biasa sampe luar biasa. Mulai dari ngayal bersih (abis di pel) sampe jorok (maen di got). Mulai dari yang bisa diterima akal sehat sampe (harus) bisa diterima sama akal (gak) sehat. Sebenernya 'hobby' gw satu ini ga jauh karena shio gw adalah tikus pemimpi. So, gw bakal ngimpiiii muluuu ga jadi nyata. *miris*
Waktu kecil gw sering ngayal jadi putri milyuner yang ketuker. Ato gw punya kekuatan super gitu. Ujung2nya gw gigit jari. Semua khayalan gw jadi pepesan kosong. Hahahahahaha
 
Kalo dalam perjalanan, nunggu orang, ato lagi milih2 barang (diskonan), otomatis otak gw bakal terbang melayang dan membentuk sebuah peristiwa (aneh) yang gw juga ga abis fikir kenapa gw bisa ngayal macem gitu. Pernah pas gw lagi di suatu mall dan lagi milih2 baju, gw ngayal, tiba2 tubuh gw melayang tinggi dan berubah pake baju penganten ala nyi roro kidul. *jangan ketawa!*
Biasanya, kalo di motor lagi diboncengin sama oom, gw lebi suka diem. mandang kiri kanan banyak pohon cemaraaaaa sambil ngayal tentunya... Kalo di bus jemputan juga. Daripada tidur, gw lebi suka liatin jalan sambil ngayal. Hobi ngayal a.k.a bengong gw ini semakin mendarah daging. Sambil masak, sambil setrika, sambil mandi, sampe sambil 'ibadah' gw juga suka bengong. Sampe gw ga perlu situasi, kondisi dan posisi yang uuwweeenaaakkk buat meluncurkan imajinasi gw ke alam bebas.
Jangan ganggu! Lagi asyik.
Lama2 gw sadar, hoby mengkhayal gw lama bikin gw autis, bodoh dan bikin gw jauh dari pergaulan. Gimana gw ga dianggep autis, bodoh dan dijauhin temen2, kalo pas lagi diajak curhat ma temen, fikiran gw melanglang buana ga tentu arah ato malah membentuk sebuah peristiwa luar biasa dan ketika temen gw yang curhat ma gw itu nanya apa advise ke gw, gw gelagapan dan kadang ngasih jawaban andelan gw, yaitu "ya menurut gw c, lo uda bener".
 
Gw puter otak supaya gw ga melulu hidup dalam dunia khayal. Dunia impian yang gw ciptain dan 'enggan' gw wujudin dalam kehidupan nyata gw. -masa gw mau jadi ratu dedemit sesuai khayalan gw??-. Sekarang, gw coba buat 'isi' fikiran dan hati gw saat keinginan mengkhayal itu datang. Disaat gw harus melawan kekuatan untuk memulai peristiwa yang aneh di fikiran gw. Dan gw menemukan cara jitu dengan mengucapkan kata2 memuji Allah. Sang pemilik semesta dan isinya. Yah,,, bahasa gaulnya, gw zikir. Tapi dalem ati. Gw bukan tipe orang yang agamis ato spiritualnya poll macem ustadz(ah)2 yang di tipi2 ato yang ada di mesjid2. Gw malah banyak dosa, suka khilaf, suka fitnah, dan banyak deh yang mungkin bikin gw adalah salah satu dari manusia nista. -jleb-. Sholatpun gw ga bisa pake surat2 yang panjang2. Paling banter Al-Ikhlas, An-Nas, Al-Alaq ma Al Asr. hihihi. Bahkan zikir yang gw ucapin juga zikir yang gw apal dari jaman gw kuliah dulu. Yaitu.... kalimat: Subhanallah wabihamdihi subhanallahil ‘Adzhim {Maha suci Allah dan segala puji bagi-Nya Maha suci Allah yg Maha Agung}. *sumpah, gw baru tau artinya hari ini*
Dan demi penguasa sekalian alam, niat gw menghilangkan kebiasaan ngayal plus bengong gw ini ternyata sangat-sangat bermanfaat.
 
Nih, gw copas in dari blog ini nih
"Aku menurut dugaan Hamba-Ku terhadap-Ku. Aku bersama hamba apabila ia mengingat Aku. Jika ia mengingat Aku pada dirinya, Niscaya Aku mengingatnya pula pada Diri-Ku.." itulah penggalan Firman Allah Swt yang mengingatkan kita untuk "mengingat"Nya. Dan dzikir adalah salah satu cara untuk mengingat Dzat Maha Agung tersebut. Dzikir adalah mengingat, menyebut dan memuji Allah Swt secara berulang-ulang. Kita harus senantiasa membiasakan diri untuk berdzikir "mengingat" Allah Swt. agar hati menjadi dekat dengan Nya. agar kita diberi kekuatan dalam keimanan. Berdzikirlah sebanyak-banyaknya karena orang yang berdzikir akan mendapatkan Rahmat dan Ampunan Allah, Allah pun akan menyabut nama orang yang berdzikir tersebut kepada para malaikat yang berada di sisi-Nya, Orang yang berdzikir akan dilindungi Allah pada hari kiamat serta memperoleh ketenangan hidup.
Tahukah kamu bahwa berdzikir kepada Allah Swt. lebih utama daripada berjihad fisabililah ataupun memberikan harta yang banyak dan terus menerus? Orang yang berdzikir diibaratkan orang yang hidup dengan rohaninya, sedangkan orang yang Tidak berdzikir diibaratkan sepertiorang yang Mati.
Terdapat adab dan etika yang harus kita lakukan saat kita berdzikir kepada Allah. Sopan santun tersebut hendaklah kita penuhi, karena kita sedang memunja muji Dzat yang Maha Agung, adab-adab tersebut diantaranya adalah saat berdzikir hendaklah kita merendahkan diri kita dan tidak takabur, khusyukan hati jangan lengah ataupun lalai, Niatkan diri untuk menambah keimanan dan memohon ampunan atas dosa dan kesalahan yang telah dilakukan. Dan sebaiknya tidak mengeraskan suara. Allah Maha Mendengar. Menurut saya berdzikir dengaan berbisik lembut tampak lebih mengena dan khusyuk, juga mencegah ria. =)
Kalimat dzikir yang sering diucapkan diantaranya adalah Tasbih, Tahmid, Tahlil, Takbir, Hauqqalah, Hasbalah, Istighfar dan beberapa kalimat dzikir lainnya yang lebih panjang (seperti ;"subhanallah wabihamdihi subhanallah hiladzim").
Kalimat-kalimat tersebut merupakan bagian dari perbendaharaan surga. Dan bagi siapapun yang mengucapkan kalimat diatas dengan kesungguhan, akan mendapatkan fadilah yang besar. Kita akan dicintai oleh Allah Swt, Rasulullah saw, dilindungi dan dimintai ampunan oleh Malaikat dan diberikan pahala satu pohon di surga.
Tahukah kamu bahwa Pahala Tasbih akan mengisi separuh timbangan, Pahala Hamdalah akan memenuhi timbangan pada hari perhitungan nanti dan Pahala Takbir akan memenuhi langit dan bumi? Subhanallah..
Selain pahala yang berlimpah tadi, kalimat dzikir yang tersebut pun memiliki fadilah yang lain yang lebih besar. Diantaranya:
1. Membaca tasbih, tahmid atau pun takbir adalah merupakan sedekah.
2. Jika membaca tasbih, takbir atau tahlil, maka Allah akan menghpuskan 25 kejahatan.
3. Jika membaca hamdalah maka Allah akan menghapuskan 30 kejahatan.
4. Jika membaca Hasbalah "Hasbunallah wani'mal wakiil" maka ia akan mendapatkan kekuatan dalam menghadapi masalah.
5. Jika membaca Istighfar maka ia akan mendapatkan prngampunan Allah, mendapat jalan keluar dari kesusahan dan kesempitan, mendapatkan rejeki yang tak terduga dan akan mendapat kesenangan saat menerima buku catatan amal di hari kiamat kelak.
6. Jika membaca "Subhanallah wabihamdihi" sebanyak 100x dalam satu hari, maka akan diampuni dosanya dan akan dituliskan 1000 kebaikan utuk dia.
7. Jika membaca "Subhanallah wabihamdihi Subhanallah hil 'adzim" maka Allah akan memberatkan timbangan amalannya kelak dan akan menjadi hamba yang disayangi oleh Allah yang Maha Penyanyang.
8. Jika membaca Hauqallah "Laahaulawalaaquwata illaabillahil 'aliyil 'adziim" maka sama dengan mendapatkan obat untuk 99 macam penyakit dan setidaknya mendapatkan ketenangan hati.
9. Jika Membaca "Laailaahaillallahuwahdahuu laasyariikalah Lahulmulku walahulhadu wa Huwa 'alaa kullisyai inqadir' sebanyak 10x, maka Allah membukakan pintu langi untuknya, mengabulkan permintaanya dan menghapuskan keburukannya.

Subhanallah.. Sungguh besar kasih sayang yang Allah berikan kepada kita hamba-Nya. Hanya dengan mengingatNya saja, Allah memberikan segala kebutuhan jiwa dan raga untuk kita di dunia dan di akhirat. Maka dari itu, Ayo kita banyak-banyak berdzikir kepada Allah, agar hati-hati kita ini menjadi jauuuuuh lebih tenang.. Yuk?
Jadi, daripada ngayal yang ga jelas, mending baca2 (zikir) dalem hati. Ya kan??
Eh, tapi, walopun hati dan fikiran gw berzikir, kadang angan gw melayang juga membentuk suatu peristiwa 'aneh' lagi. #duh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^