Rabu, 07 November 2012

PANCASILA

garuda
PANCASILA

Pancasila adalah dasar Negara Republik Indonesia. Kata “Pancasila” berasal dari bahasa Sansekerta, di mana “Panca” artinya lima, dan  “sila” artinya dasar atau prinsip.

Isi PANCASILA adalah:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa
2. Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab
3. Persatuan Indonesia
4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

Kenapa tiba2 gw bisa 'sok' patriotisme mbahas soal Pancasila  disini. Gw cuma lagi kangen sama adek gw. Yang gw ceritain disini. Kalo lagi kangen seseorang, benak kita bakal melayang ke suatu peristiwa yang kita laluin sama orang yang kita kangenin itu. Bener ga tuh?? Gw ma Vinny (nama adek gw) memiliki rentang umur yang lumayan jauh. Hampir 10 tahun. Gw yang udah kelamaan jadi anak tunggal (yang manja) pun seperti mendapatkan 'mainan' baru saat vinny lahir. Mulai dari didandanin macem2, diajakin maen apa aja, disuruh apa aja (the benefit as old sister :) ) sampe diajarin apa aja. Gw inget waktu gw kuncirin rambut adek gw ini pake model kunciran terbaru saat itu, yaitu kuncir pohon kelapa.
berhubung susah nyari modelnya kek gimana, nih gambar semoga bisa mewakili bayangan  kalian mengenai kuncir puun kelapa dan menyamakan persepsi dengan gw. #maksa
Jaman dulu, model kek gitu tu, dipake sama artis cilik, kek Chikita Meidy, Agnes Monica, Tina Toon sampe Maisy ci-luk-ba. Vinny yang baru masuk TK ga ketinggalan gw dandanin kek artis2 cilik itu. Ga lupa gw selipin lidi di tengah rambut supaya rambutnya bisa tegak berdiri laksana puun kelapa. #maksa bener gueehhh
Pas pulang sekolah, Vinny bawa temen2 perempuannya yang antri minta di kuncirin ala puun kelapa ma gw. Ahahahahahahaha...#coba gw tarifin yak, bisa kaya raya gemah ripah loh jinawi gw dulu. Gw suka nyuruh Vinny bawain gw jajanan sekolahnya dy setiap dy pulang sekolah. Suka nyuruh dy pijitin gw sampe gw ketiduran setiap malem, suka nyuruh dy nyanyiin lagu2 yang diajarin di sekolahnya sambil mijitin gw, suka gw suru nyisirin rambut gw laksana maen salon2an. #kakak yang jahat
kakak berkuasa, adik tertindas

Tapi gw ga selamanya jadi kakak tercela  yang bahagia liat adeknya terkenal gara2 kuncir puun kelapa yang sama sekali ga ada prestasinya, gw pengen adek gw tekenal karena prestasi. Kebetulan waktu Vinny masuk TK (eh, apa SD yah?? lupa! #kakak durhaka) gw kelas (lupa lagi)  di SMA. Di kelas, gw diajarin pancasila dalam bahasa inggris sama guru gw, dan di rumah, gw ajarin Vinny baca pancasila pake bahasa inggris. Gw paksa Vinny buat ngapalin, karena gw juga disuru guru gw buat ngapalin.. #ketawa puas.. hihi

Di kelas, gw sukses maju test baca pancasila di depan kelas dengan hapalan dibayar tunai. Dannn..... Vinny pun sukses baca pancasila di depan kelas TK (ato SD nya). Gurunya pun bangga. Teman2nya heran. Bahkan ebo2 yang suka nungguin anak2nya sekolah pun heran, bagaimana bisa, anak sekecil Vinny, usia 5 ato 6 tahun fasih mengucapkan pancasila dalam bahasa inggris?? padahal dalam bahasa indonesiapun, seringkali mereka lupa???
Pertanyaan2 dan penyelidikan pun dilakukan, berujung pada satu sosok cewe imut, manis dan kece tentunya. Nama cewe itu adalah Sonna. Yups! Nyokap gw bangga gw berhasil ngajarin adek gw dengan ajaran yang benar (kali ini, biasanya ngajarin ga bener) dan nyokap gw bangga, adek gw 'mengharumkan' nama keluarga di sekolahnya.

Pancasila dalam bahasa inggris. They are:
1. Belief in the One supreme God
2. Just and Civilized Humanity
3. The Unity of Indonesia
4. Democracy Guided by the Inner Wisdom in the Unaminity Arising out of Deliberations amongst Representatives
5. Social Justice for All Indonesian People
Sekarang, gw kangen saat2 itu. Saat dimana gw sukses ngisengin adek gw, sukses nyuruh2 adek gw sampe sukses ngajarin adek gw.

misyu sist :*
Kangennn.... *mojok sambil mewek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^