Jumat, 08 Maret 2013

KURANG SERIBU

Ngomongin uang, mo seribu, sepuluh ribu, seratus ribu, semua bernama sama,. Dan berharga sama. Sama2 alat penguasa di muka bumi ini. Yah, minimal di Indonesia lah. Uang seharga jabatan, kebebasan, harga diri, bahkan juga seharga kebahagiaan. Just like someone said  a Happiness can not bought by money, but money can give us a happiness”. Kalau Rasyid Rajasa bisa maen futsal dan bebas melenggang keluar negeri sedangkan status dirinya adalah terdakwa, lain lagi sama pelakon 'tabrakan maut' Apriyani. Dia harus mendekam di hotel prodeo selama 15 tahun. Kalau Angelina Sondakh bisa 'hidup sejahtera' di dalam bui laksana istana (gw heran, anggie di penjara, kok tetep cantik yah? Tetep oke penampilannya, tetep bagus rambutnya. Ada salon kan di penjara? *sirik*), ato Arthalyta Suryani alias Ayin yang bisa menyulap penjaranya laksana istana pribadi nya, beda lagi dengan AAL (15 tahun) pelaku pencurian (kali ini mari kita samakan persepsi pencurian dengan korupsi, maupun penyuapan) sendal jepit seharga 30 ribu harus mendekam di dinginnya penjara selama 5 tahun. Dimana letak keadilan di Indonesia ini?? *mewek di pojokan kamar*.
kalo punya sendal, dikunci kek gini. biar ga ilang!
Apa karena Rasyid itu anaknya Menteri Ekonomi yang juga besannya pak Presiden 'yang terhormat', notabene uangnya dimana2, beda sama Afriyani yang 'cuma-begitu' doang. Beda lagi sama Bu Anggie yang gosipnya bisa belanja online sampe milyaran rupiah (kalo gw belanja online, paling ke toko buku online nya mbak Fanny itu juga ga sampe 300ribu sebulan), ato sama si ratu suap yang terhormat Ibu Ayin, bisa seenaknya berlaku di dalem penjara beda sama AAL yang mungkin merasakan penjara sebenar2nya.
Kadang gw bingung, gw galau, gw sedih, gw laper, dan gw ngantuk (tidur aja lo!) sama keadilan di Indonesia ini. Para hakim, jaksa dan katebelecenya yang gw sebagai orang cantik awam ga ngerti masalah pengadilan kek gitu. Sebenarnya mereka itu dulu menempuh pendidikan kan buat menjadi hakim, jaksa dan lain sebagainya? Mereka orang berpendidikan. Kok ya mau2nya menutar kenyataan hanya demi kertas persegi bernama uang? Gw c berharap gw ga bakal pernah masuk ato mengikuti prosesi dalam pengadilan itu. Seremmmm.... Amit2 jabang bebi deh *ketok2 meja*
Sumber 'segala'nya di Indonesia
 
Kalo uangnya bu Ayin buat nyuap jaksa pak Urip Trigunawan, kurang seribu, apa Bu Ayin tetep di penjara? Ato pak jaksa tetep terima suap bu Ayin? Kalo uang yang di korupsi sama Anggie kurang seribu, apakah Anggie tetep masuk penjara? Apakah pak Anas Urbaningrum jadi di gantung di monas kalo bener korupsi, dan korupsinya kurang seribu?? Apakah gw akan terpilih jadi miss universe tahun depan yang berhijab?? #hayah. ngawur!
seribu yang menggemaskan, seribu yang imut. ga bakal jadi semilyar kalo kurang seribu
Kenapa gw bahas soal seribu rupiah? Seribu rupiah yang 'mungkin' ga berarti buat sebagian besar dari kita. Yang selalu 'rela ikhlas' kita serahkan pada pengemis? Pengamen ato tukang asongan di jalan. Seribu yang biasanya kita perlakukan dengan sangat kasar dibanding perlakuan yang diterima uang bernilai lima puluh ribu atau seratus ribu? ATM pun ga ada yang mengeluarkan uang pecahan seribu kan? Kalo belanja di supermarket, seribu sering disamakan dengan 10 bungkus permen, alih2 bilang "ga ada seribuan".
 
Buat gw, seribuan adalah uang favorit yang sering gw keluarin dari dompet gw buat ongkos angkot. Ato buat bayar 'suara' pengamen ato pengemis. Seribuan juga sering gw terima kalo gw ngasih uang yang lebih besar untuk pembayaran, sebagai kembalian.
kalo naek angkot dari depan perumahan sampe bus jemputan ke kantor gw, cukup bayar duaribu rupiah
 
Gw suka mbayangin yang jorok2 kalo gw bayar angkot kurang seribu, pasti sopir angkotnya bakal maki2 gw kaya gw adalah anak kecil yang ketangkep tangan lagi ngutil di supermarket. Kaya gw habis muntahin angkotnya, ato kaya gw habis noyor kepalanya. Cuma seribu, bisa bikin harga diri gw nengkurep guling2 di tanah karena teriakan sopir angkot yang cetarrr membahana badai syalala.
Tapi gimana kalo kondisinya dibalik? Kalo kembalian yang dikasi sopir angkot kurang seribu?? Bukan ga mungkin kan gw bayar angkot pake uang dua ribu melulu? Bisa aja gw bayar pake uang lima ribu, yang artinya harus kembali tiga ribu. 3 lembar uang seribuan ato dua lembar uang dua ribu di mix sama seribu. Ato 6 koin lima ratusan. Ato 30 koin seratusan, Ato...ahhh.. kebanyakan dehhh...
kalo uangnya limapuluh rupiah, butuh berapa koin untuk jadi tiga ribu rupiah? #tanyakenapa
 
Penumpang angkot, ga semuanya tau berapa tariff dari angkot yang dinaikin. Terkadang mereka menduga2 dengan membayar dengan uang yang besar. Seperti membayar dengan uang sepulu ribu ato dua puluh ribu. Fikirannya, karena ga tau berapa tepatnya tariff angkot, maka dikasih uang besar. Ga mungkin kurang, pasti ada kembaliannya.
Nah, disinilah para sopir angkot, ato kenek (kalo ada) angkot berbuat nakal. Mentang2 uang yang dibayarkan berjumlah besar, bukan ga mungkin kembaliannya akan berkurang. Si sopir (kenek) bakalan nyatut seribu sampe dua ribu rupiah. Kalo penumpang yang tau berapa tepatnya tariff angkot, pasti minta kembaliannya yang pas. Kalo kurang, penumpangnya komplen."Kurang seribu nih bang!". Biasanya si sopir (kenek) angkot bakal balikin duit kembalian yang kurang walopun sambil merengut. BUT JUSTICE MUST BE ENFORCED! Keadilan harus ditegakkan karena tidak sesuai dengan pancasila. MERDEKA!!! *sambil bawa bambu runcing*
Gimana sama penumpang yang bego ga tau berapa tariff tepatnya angkot yang ditaikin? Bakal terima aja kembalian yang 'salah' dan 'ngaco' tersebut dengan ekpresi datar namun hati bertanya2. "Kenapa raffi Ahmad make narkoba? Karena putus dari Yuni Shara ato Olga Syahputra? Kenapa Luna Maya ga jadian aja sama Ariel Noah? Kenapa oh kenapa?
 
Buat gw, no big matter lah soal kembalian yang kurang seribu itu. Itung2 sedekah sama sopirnya lah. Walopun gw lebih suka sedekah sama masjid ato pengamen daripada sopir angkot. Mau gimana lagi coba? Mungkin seribu itu mampu membawa gw ke surga? Dan tentunya membawa si sopir ke neraka jahanam karena sikap curang bin korupsi itu. #naudzubillah min dzalikkk.
 
Sereeemmm.... *ambil selimut, tutup muka*

27 komentar:

  1. Sorry ye Bang, Om , Kakak, Tante, Mpok, Mba , mas, Saye Pertamax

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang uda sembuh siap menebar pertamax seantero dunia perblogan.

      #Go Blog!!

      Hapus
    2. terus gue harus bilang WOW gitu?? sambil bilang cetar membahana terpampang nyata, melayang di cakrawala, melintasi garis katulistiwa ulala..................
      wkwkk kang asep mulai gokil.

      Hapus
    3. saya melintas membawa arit an linggis.
      nyari suket di kebonan.

      Hapus
  2. Tidak mudah memang memberi pengertian kepada orang bahwa uang seribu rupiah itu bernilai sangat besar bagi orang seperti kita kita. Tidak sedikit urusan bisa terkendala hanya karena uangnya kurang seribu rupiah.

    Di Pontianak saja sering terjadi terutama saat membayar kertas Parkir kendaraan. Uang Parkir motor yang sering dibayar 500 rupiah itu masih diminta kembaliannya. Bayar 1000 rupiah kepada petugas parkir tapi ngotot minta dikembalikan kembaliannya. Urusannya bisa ribut kalau sama sama ngotot dan sama sama ngaku benar.

    Yang namanya urusan jika sudah bersinggungan denga Money, uang, arto, FUlus urusannya bisa runyam. Uang adalah masalah sensitif dan peka sekali. Banyak orang gontok gontokan, saudara bisa pisah, ribut sesama hanya karena persoalan Uang. Uang bisa menjadi teman dan sahabat. Tapi uang bisa menghancurkan kehidupan kita. Trust me. It works. Halah *plak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang saya suka ngliatin kertas persegi 'berharga' itu loh pak. gara2 'gituan' kepala orangtua bisa diinjek2 anaknya. gara2 'gituan' hubungan darah bisa jadi musuh. nyawa bisa cuma seharga 'gituan'.

      dont u think what i mean about 'gituan'? mari kita tanya GALILEO. #mantab

      Hapus
    2. gituan memang beda di alam imajinasi dibanding ginian.

      Hapus
    3. kalo 'gonoan' apa lagi tuh?

      Hapus
    4. gono itu cowoqnya goni. dadi nek ada karung goni ning gundul, ya itu

      Hapus
    5. hmmm,,,,,, understand understand sir.... *manggut2*

      Hapus
    6. aku malah ra ngerti koq Mbak

      Hapus
  3. saya nggak lagi belain anaknya Pak Hatta. tapi dia memang nggak mabuk Mbak saat di jalan tol itu. kalo Apriyani kan berdasarkan pemeriksaan memang teler to? pasti beda bukan secara gradasi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda... bukan hukumnya yang menurut saya 'kok beda'.

      habis nabrak, afriyani langsung di 'aman'kan. kalo rasyid, sempet2nya futsalan, nonton dulu. sempet pula ke LN buat therapy asma. hmmm. *ngusap2 jenggot*

      Hapus
    2. teler bukan meler *catet* .

      Hapus
    3. maaf no comment
      #dessy ratnasari mode on

      Hapus
  4. duit duit...... yang namanya duit huwooo huwoooo..


    ehh duit udah jadi makanan manusia sehari-sehari kak :D .

    BalasHapus
    Balasan
    1. duitnya ga dimakan langsung toh? dituker dulu sama makanan, baru bisa dimakan.

      Jangan2, Miz Tia ini bisa debus yah? bisa makan duit? duit kertas ato logam? liat donggg!. *kepo*

      Hapus
    2. duit kertas aja kak... biar lebih renyahh ... coba deh ,
      kalo yg 5000'an rasa coklat, kalo yg 100.000'n rasa stoberi..
      krenyes.. krenyess makjleeeeeeeeeeeeb *________*


      ehh pollow blog saya ya hahahhahah.. done pollow sini loh.. :D .

      tuing tuing *loncat*.

      Hapus
    3. already dek. eh! jangan panggil 'kak' napa? tante aja. ihihihi

      Sonna aja boleeehhh.... *brasa muda*

      Hapus
    4. kalo pak Zach, dek Sonna aja deh. Jangan Sonna. *brasa tua*. ups!

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^