Senin, 11 Maret 2013

ARE U SMARTER THAN A 5th GRADER???

Ada tebakan yang bikin ahli matematika bingung. nih… begini ceritanya:
Bingungggg.. !@#$##@#$#!
* ada 1 ekor kambing harganya Rp 75.000
* ada 3 pemuda yang mau beli kambing tersebut…

berarti masing2 orang mengumpulkan @ Rp 25.000… Akhirnya terkumpul Rp 75.000 sesuai harga jual… betul?


Nah… uang itu lalu dikasih sama calo sejumlah uang tersebut = Rp75.000… Masih betul khan??? Calo itu ternyata ngasih ke pedagangnya Rp 70.000 (dipotong 5.000) Pasti dong?
Lalu dari 5.000 itu dibagi ke 3 pemuda tadi @ Rp 1.000 dan sisanya Rp 2.000 buat si calo… pasti masih betul khan?

Disini permasalahannya…
Berarti masing2 pemuda ngantongin Rp 1.000 (yach nggak) atau dengan kata lain seharusnya uang yang dikumpulkan oleh masing2 pemuda tadi Rp 25.000 – Rp 1.000 = Rp 24.000 Berarti masing2 pemuda harus membayar @ Rp 24.000 jadi perhitungan matematika = 3 X Rp 24.000 = Rp 72.000 bener dong???

Kalau ditotal jumlah uang yang dikumpulkan Rp.72.000
* Rp 2.000 (punyanya si calo) + Rp. 72.000= Rp 74.000 Pertanyaannya?

KEMANA SISA UANG YANG Rp. 1.000… HAYO…?

Bisa membuktikan diri, kalo memang lebih pintar dari anak kelas 5 eSDe???

6 komentar:

  1. waaaah, serebunya aku kantongin mbaaa. aku beliin cilooook. dapet tuh serebu. wakakaka..
    halooooo mba Sonna. kangennya aku padamuuuh. lamo ndak jumpo yoooo. hohooo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. abis keliling dunia kah ayie?? mana oleh2 nya

      Hapus
  2. Balasan
    1. wahhh,,, ktauan ini kalo gitu.. kalo ga dibeliin cilok (versi ayie) kalo ga dibeliin permen (versi mbak fani)

      Hapus
  3. hehe jebakan ah soal nya, cara ngitung nya yang salah...

    diitung aja duit yang ada saat distribusi terakhir nya,

    70.000rb harga kambing + 2rb duit calo + 3rb di masing2 @1rb > total 75rb

    done kan hehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bisa gitu nal... soal itu ga ada yang salah. *ngeles*

      ayo cari jawaban laen ^^

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^