Jumat, 22 Maret 2013

IF I DIE TOMORROW

Halo halo bandung my dear blogy, 2 days left ga mosting. Lagi gundah gulana, resah gelisah, cetar membahana. hehehehe
 
As i know (kalo gw bilang as we know, gw ga usah mosting, kan uda pada tau, jadi we nya diganti i aja), gw kerja pake bus jemputan. Kalo pulang kerja, biasanya gw ketemu adzan magrib pas dijalan. Biasanya lagi, gw minta turun di depan masjid buat melaksanakan solat magrib, kemudian pulang. Walopun jarak dari gw turun bus jemputan ke rumah gw lumayan deket, gw ga mau ambil resiko jadi ga solat magrib karena kepentok macet. Bisa macet dijalan, macet di tukang sayur tempat gw belanja tiap pulang kerja, macet ditukang makanan kalo gw iseng mo makan diluar, macet disupermarket kalo gw mo belanja kebutuhan sehari2, ato malah macet di rumah tetangga. eh! hihi
 
Belakangan ini gw suka minta turun disalah satu rumah sakit. Bukan, bukan gw mo berobat ato gw mo ngejenguk orang sakit, ato malah gw mo ngecengin dokter2 ganteng, gw suka numpang solat magrib di mushola rumah sakitnya. Gw pilih solat magrib di mushola RS, karena di depan RS nya ada tukang jualan bubur ayam langganan gw. Jadi, abis solat magrib, biasanya gw nge BUBUR dulu. hehehe. #modus
 enak nih,,,, nyammmm...
 
Biasanya, turun dari bus jemputan, gw bakal ngelenggang kakung menuju pelataran parkir yang juga letak mushola. Ambil wudhu, solat magrib, trus pulang (ato ngebubur dulu). Ga pake ngobrol2 dulu, ga pake mejeng dulu. Lagian gw ga kenal sapa2 disitu. Tapi semalem, pas gw mo pulang, langkah gw sempet terhenti. Gw tertegun sama pemandangan di depan gw. Ada kerumunan orang dalam jumlah kecil, dan gw liat salah satu diantara mereka sedang menangis. Naluri ke kepo an gw menggelegak. Gw want to know apa yang terjadi. Karena jalan gw terhambat karena kerumunan orang itu menghalangi jalan gw, gw pun berhenti dan gw melihat apa yang terjadi. Pasang telinga, dan sepertinya ada keluarga dari mereka yang baru saja pergi dari dunia yang lagi gw huni ini. Gw ga tau siapanya, entah itu suaminya (karena yang menangis itu perempuan), bisa jadi ayahnya, bisa jadi anaknya, ato bisa jadi.. ah, gw ga ada waktu berspekulasi.
Orang2 yang lain berusaha menenangkan perempuan yang menangis itu. Beberapa mengusap punggungnya, merengkuh bahunya, memeluknya. Worthed! Dia berhenti menangis. Tapi gw liat sepertinya menahan tangis dalam diamnya. Dan akhirnya, dia pingsan. Kerumunan ini makin heboh.
 
Gw buru2 menyingkir dari lokasi dan gw pun ke tukang bubur langganan gw. Sambil nunggu pesanan gw dateng, gw mikir, sebegitu dahsyatnya dampak ke'pergi'an seseorang. Gw mikir, apakah kondisi yang sama akan terjadi sama gw kalo gw ditinggalkan? Ato kalo gw yang meninggal? Apakah ada orang yang rela menangis atas kepergian gw? Ato malah cuek bebek karena ga perduli sama gw.
 
 
Gw inget sama penyakit yang 'baru' gw terima dari vonis dokter. Aritmia namanya bukan sekeren aritmatika dimata gw. Sewaktu2 gw bisa game over gara2 aritmia. Asal bisa hidup sehat, menurut gw ga masalah. Sugesti gw selama ini gw sehat wal afiat. Dan semoga begitu sampe waktunya tiba. Gw bukan takut sama kematian. Bukan, gw tau semua yang ada di muka bumi ini, yang bernafas, pasti mati. Pasti kembali padaNYA. Gak manusia, tumbuhan, hewan. Semuanya.
Gw juga inget beberapa waktu lalu, saat gw pingsan di rumah (untungnya ada oom), oom sempet bilang waktu gw jatuh, dia panik karena ga bisa meraba detak jantung gw. Oom kira gw uda 'pergi'.
Sebenernya, kalo hasil gugling gw, aritmia tuh terbagi 2. Ada yang makin teraba detaknya, dan ada yang makin 'hilang' detaknya saat diraba. Jadi inget waktu dokter bilang detak jantung gw ga ada. Gw sempet bercanda sama oom kalo gw ini adalah semacam hantu. Ga punya detak jantung.
 
Balik lagi ke bubur, eh!. Bubur gw uda dateng dan gw makan bubur sambil ngelamun. Bukan ngelamun jorok, ngelamunin isi got dan kakus, gw ngelamunin apa yang bakal terjadi kalo gw mati. Kalo kata oom bimbo di lagu lawasnya, ♪♫♫jangan pernah minta mati. Karena semua orang bakal mati♪♪♫. Sure! Gw ga minta mati. Gw ga pernah minta kematian gw dipercepat ato diperlambat. Gw pengen semua berjalan sesuai kehendakNYA. Gw mau 'pulang' saat emang uda waktunya. Tapi kapan? Gw yakin, profesor sepinter apapun ga ada yang bisa tau kapan tepatnya nafas terakhir terhembus dari tubuh ini.
Bisa aja, hidup kita tinggal 5 juta hembusan nafas lagi. Bisa tinggal 5 milyar hembusan lagi. Malah bisa tinggal 50 hembusan lagi. Tiap hembusan kita saat ini mengurangi 'saldo' hembusan yang kita punya. Sampe berapa kali lagi?
 
Gw memandang hidup gw belom sempurna kalau gw harus mati. Gw inget orang tua gw. Apa gw uda jadi anak yang baik buat mereka? Mertua gw? Apa gw uda jadi menantu yang berbakti buat mereka? Suami gw? Apa selama ini oom bahagia hidup sama gw? Mimpi2 gw? Cita2 gw buat keliling eropa. Buat umroh? Buat bikin kolam renang di tingkat tiga rumah gw. Dan gw keburu mati.
Gw tau, setelah gw mati, semua bakal berjalan seperti sebelumnya. Matahari bakal tetep terbit di timur. Malam akan selalu gelap, dan tukang bubur bakal terus jualan di depan RS ini. Walopun gw ga ada.
Gw jadi inget lagu Spirit Carries On nya Dream Theatre yang sering gw dengerin dari hp gw.
oom - oom gondrong yang lagunya keren abis ^^
The Spirit Carries On
Where did we come from?
Why are we here?
Where do we go when we die?
What lies beyond
And what lay before?
Is anything certain in life?

They say " Life is too short"
"The here and the now"
And " You`re only given one shot"
But could there be more
Have I lived before
Or could this be all that we`ve got?

If I die tomorrow
I`d be alright
Because I believe
That after we`re gone
The spirit carries on

I used to be frightened of dying
I used to think death was the end
But that was before
I`m not scared anymore
I know that my soul will transcend

I may never find all the answers
I may never understand why
I may never prove
What I know to be true
But I know that I still have to try

If I die tomorrow
I`d be alright
Because I believe
That after we`re gone
The spirit carries on

"Move on, be brave
Don`t weep at my grave
Because I`m no longer here
But please never let
Your memories of me disappear"

Safe in the light that surrounds me
Free of the fear and the pain
My questioning mind
Has help me to find
The meaning in my life again
Victoria`s real
I finally feel
At peace with the girl in my dreams
And now that I`m here
It`s perfectly clear
I found out what all of this means

If I die tomorrow
I`d be alright
Because I believe
That after we`re gone
The spirit carries on
 
See? Dunia masih tetep berputar walopun ada kematian yang silih berganti menghampiri. Ga perlu tunggu sempurna buat meninggalkan dunia ini. Ga perlu tunggu kesiapan buat bertemu Sang Maha Pencipta. Sekarang, gw berusaha sebaik2nya buat jadi Sonna yang baik. Minimal baik buat gw sendiri dan orang2 disekeliling gw. Gw ga musti bangun seribu mall buat buktiin betapa baik nya gw. Ato gw ga musti nyeret Anas ke monas buat buktiin betapa gw adalah orang yang berguna.
Cukup gw dan TUHAN gw yang tau, kalo gw, sedang terus berusaha menjadi baik hari demi hari nya. Sampai saat itu tiba.
Ga perlu bikin tegak menara pisa sebelom kita mati. Cukup jadi orang baik.
Mari bersemangat!
 

 

10 komentar:

  1. hiks hiks hiks..
    jadi pengen nangiiis aku mba. jangan mati duluuu. huahuaa.. kan aku belom nikaaah mba. huaaa huaaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. jyahahahaha.. i told above kann,, ga ada yang tau kapan saatnya mati.

      aku masih pengen liat SBY lengser, masih pengen liat sapa pengganti SBY, masih pengen liat nasibnya Raffi Ahmad, masih pengen liat ayie merit juga.

      Hapus
    2. untung saya udah nikah sekarang

      Hapus
  2. Saya kadang setelah sholat malam (Duh jadi pamer deh), maksudnya sih nda gitu cuma cerita aja. Di malam hari sebelum tidur saya selalu berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kesempatan untuk berbuat kebaikan dan kebajikan lebih banyak lagi sebelum "ditarik" dari peredaran di dunia ini.

    Kadang merenung, apa yang akan dilakukan di "alam sana" dan masih banyak lagi pikiran yang berkecamuk jika ingat kalau kita cepat atau lambat akan "ditarik" dari dunia. Hanya saja semangat hidup harus tetap ada. Mengingat mati boleh boleh saja karena akan "mengawal" diri agar lebih bijak dan waspada dalam hidup. Mengingat mati justru akan membanggikan semangat hidup. Masih ada kesempatan untuk berbuat baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. semenjak merit saya absen tahajudnya, jadi dibikin dobel di dhuha nya. hihi.

      kalo inget mati, bukan inget 'reuni' sama cacing dan hewan yang ada di dalem tanah. lebih ke orang2 yang ditinggalkan. apakah mereka akan senang tanpa saya, atau malah melakukan hal2 menyenangkan yang belom pernah saya lakukan ketika hidup? *iri mode on*

      >>>tumben, postingannya serius<<<

      Hapus
    2. saya kena banget saat Mbak Sonna bahas iring-iringan kecil membawa jenazah di atas itu. iya, kelak saya begitu, di atas tandu tak berdaya dan entah bernasib apa setelahnya. ngeriii

      Hapus
  3. soal Aritmia, Mbak mengidap itukah? apa tu ya Mbak? OK MBak Sonna udah sekilas bahas di situ, tapi saya bener-bener beru denger. mau searching, lemot nih jaringan.

    iya Mbak, kalo kepikiran mati,rasanya udah nggak pengin apa-apa. kaset yang numpuk sampe ribuan di rumah, mau buat apa (koq kaset? ya karena saya suka banget ngumpulin kaset dari jaman dulu, hehe)
    maka saya pun udah nggak pengin apa-apa, boro2 keliling eropa. saya cuma pengin kumpul sama keluarga, sehat damai tenteram selalu, itu saja.

    yuhuiii, dream theater doong, manteep. itu baru Mbak Sonna yang lengkap!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha.. iya pak, ada di postingan saya yang maren2. iseng ke dokter, malah berbuah bukan hadiah. (eh, hadiah juga ding). semenjak itu, konsul ke beberapa dokter, jawabannya malah bikin skakmat! parno. mendingan stay away dari dokter aja kali yah. no medicine. BAHAGIA, obat paling mujarab di dunia. kalo kata Deddy Corbuzier, B+ (be positive).

      Yoi pak! suka banget sama dream theatre yang Spirit carries on, Yellow card (my only one), Lifehouse (you and me), bla bla bla... ada kasetnay ga pak? pinjem! hehehehehe

      Hapus
  4. Aku banyak salah mbak
    kalo aku mati kayak gimana aku.
    Tapi mikirin mati emang hidup ini bukan milik kita juga kan?
    jadi ya harus berpasrah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betulllll ^^

      dan sepanjang 'sisa' hidup, mari kita berbuat baik.

      Hapus

Terima kasih sudah berkenan membaca curahan hati disini. Mohon maaf jika tidak berkenan atas isi postingannya. Terima kasih bila berkenan meninggalkan jejak. ^^